Brilio.net - Mengeja. Terdengar sepele tapi gampang-gampang susah untuk dipraktikan. Namun bagi bocah asal Fresno, California, AS mengeja kata-kata sulit adalah kegiatan yang begitu menarik. Bocah perempuan bernama Ananya Vinay ini berhasil menyabet 'best speller' atau pengeja terbaik pada sebuah ajang the 90th Scripps National Spelling Bee di Amerika.

Sebelumnya, Ananya berhasil mengalahkan lawan yang lebih tua dua tingkat di atasnya dalam babak maraton championship. Ananya sendiri merupakan siswa tingkat enam di Fugman Elementary School di Clovis Unified, sementara pesaingnya adalah siswa tingkat delapan asal Oklahoma. Bocah berusia 12 tahun ini berhasil meraih hadiah utama sebesar USD 40 ribu atau setara dengan Rp 532 jutaan.

"Ini adalah mimpi yag menjadi nyata, aku merasa senang," ungkap Ananya setelah meraih tropi sebagaimana dikutip brilio.net kutip dari Fresnobee pada Jumat (2/6).

Ananya V © 2017 brilio.net

foto: fresnobee.com

Loading...

Pada pertandingan tersebut, Ananya berhasil mengeja kata-kata sulit dari bahasa Prancis, seperti marocain, gifblaar, wayzgoose, tschefuncte, gesith dan cecidomyia. Momen pertama kali Ananya bertanding pada ajang The National Spelling Bee di tahun 2016. Pada tahun tersebut, Ananya berhasil hingga nasional.

Sementara itu, pada ajang California State Elementary Spelling Bee Champion, Ananya berhasil meraih gelar juara sebanyak tiga kali mengalahkan 15 pesaing lainnya. Terakhir, melalui ajang the 90th Scripps National Spelling Bee, Ananya berhasil melalui babak panjang. Lebih dari belasan babak telah ia lewati dan masuk babak final. Ia pun berhasil meraih predikat Best Speller dalam ajang tersebut usai menyelesaikan ejaan 'marocain' di ajang the Scripps National Spelling Bee ke-90.