Brilio.net - Pada Sabtu (8/7), Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi memiliki Sekretaris Jenderal (Sekjen) baru bernama Ratu Tisha Destria melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Dia mendampingi sang Ketua Umum (Ketum) Edy Rahmayadi selama 2017-2022.

Namanya memang telah disebut-sebut sebagai yang paling layak di antara 29 calon lainnya. Tisha punya kemampuan lima bahasa selain Bahasa Indonesia, yaitu Jepang, Jerman, Inggris, Italia, dan Belanda, sesuai dengan kriteria yang diungkapkan oleh sang Ketum.

Menurut Kepala Staf Ketum PSSI Iwan Budianto, Tisha selalu berada di posisi teratas dari beberapa uji kompetensi calon Sekjen PSSI.

Berikut adalah profil sosok Tisha, seperti dihimpun brilio.net dari beberapa sumber.

1. Tisha adalah alumnus Jurusan Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB).

Loading...

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa-foto: facebook Ratu Tisha

2. Selama menjadi mahasiswa tahun 2004-2008, pernah menangani Liga Persib dan Liga Mahasiswa Jawa Barat.

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa-foto: bola.net

3. Bersama beberapa rekan, Tisha mendirikan LabBola, perusahaan yang menawarkan jasa penyediaan data statistik performa tim.

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa-foto: bola.net

4. Lulus pada 2008, dia bekerja di sebuah perusahaan minyak multinasional, berpindah-pindah negara antara lain Kairo, Mesir; Houston, Amerika Serikat; London, Inggris; dan Beijing, Tiongkok.

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa-foto: bola.net

5. Tisha juga berkontribusi sebagai Direktur Kompetisi dan Regulasi PT Gelora Trisula Semesta, yang merupakan operator pelaksanaan Torabika Super Championship 2016.

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa-foto: fourfourtwo.com

6. Mendapatkan gelar Master of Art dengan program beasiswa FIFA Master di Eropa yang diadakan oleh International Centre for Sports Studies (CIES).

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa-foto: fourfourtwo.com

7. Tisha belajar di tiga universitas yaitu De Montfort University di Leicester, Inggris; SDA Bocconi di Milan, Italia; dan Universite de Neuchatel di Neuchatel, Swiss.

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa-foto: goal.com

8. Pada awal 2017, Tisha diamanahi posisi Direktur Kompetisi di PT Liga Indonesia Baru, yang merupakan operator Liga 1, 2, dan U19 pada musim 2017.

Ratu Tisha Destria © 2017 istimewa