Brilio.net - Bahasa Inggris menjadi bahasa wajib internasional. Fenomena ini yang membuat Abdul Hamid mendirikan usaha kursus Bahasa Inggris di Jogja. Setelah sempat belajar selama empat bulan di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur, pria jebolan pesantren ini bertekad bulat membagi ilmunya dengan orang lain melalui Rumah Inggris Jogja (RIJ). Sejak berdiri pada 2011, diakuinya baru sejak awal 2016 RIJ dapat menjaring peserta di atas 100 orang per bulannya. Impiannya adalah membangun sebuah kampung Inggris layaknya Pare di Jogja.

"Saya nggak tahu kenapa belum ada yang tergerak menciptakan Kampung Inggris di Jogja. Padahal Jogja itu prospek. Kampus banyak, menemukan turis juga mudah, semuanya butuh Bahasa Inggris," tutur pria asal Lumajang, Jawa Timur ini.

Semangat tanpa batas Abdul berbagai ilmu nggak tanggung-tanggung. Awal mula dibuka, RIJ memberikan kursus materi speaking gratis. RIJ juga memberikan beasiswa pendidikan Bahasa Inggris selama tiga bulan yang terbuka untuk se-Indonesia. Alumninya beberapa diangkat menjadi mitra kerja, beberapa untuk memenuhi kebutuhan pengajar Bahasa Inggris di daerah-daerah. Model kelas di RIJ sengaja diatur dalam format lesehan di saung terbuka, dengan tujuan menciptakan suasana santai dan mendekatkan satu sama lain.

Ada tips sekaligus pelajaran berharga dari Abdul kala berbisnis, terutama dalam dunia pendidikan. "Dalam bisnis, hindari spekulasi dan gengsi. Spekulasi itu prediksi atau perencanaan tapi belum matang. Gengsi atau mengejar popularitas itu siapa yang tidak suka, tapi kalau dalam bisnis jangan. Spekulasi saya dulu buka kontrakan English Area bakal rame, ternyata sepi. Karena gengsi saya bikin kantor yang mewah, karena mewah itu ternyata nggak ada yang mendaftar. Dari spekulasi saya rugi Rp 20 juta, dari gengsi saya rugi Rp 20 juta," tutur pria yang tengah menyelesaikan studi Strata 1 di Jurusan Sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Upaya Abdul ini patut diacungi jempol karena udah #BikinKerenIndonesia. Kamu bisa berkontribusi #BikinKerenIndonesia dengan menceritakan dan upload foto sosok-sosok berjasa dan inspiratif di sekitarmu ke akun Instagram atau Twitter-mu. Info lebih lanjut cek di telkomsel.com/bikinkerenindonesia yaaa...