Brilio.net - Founder sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan, baru-baru ini kembali menjadi sorotan. Bukan karena skandal ya. Tapi pasangan miliarder muda ini berjanji ingin mendonasikan USD 3 miliar atau sekitar Rp 39 triliun selama satu dekade ke depan untuk membantu anak-anak di dunia terbebas dari penyakit. Seperti dilaporkan USA Today, pasangan ini akan mendonasikan dana tersebut melalui Chan Zuckerberg Initiative, lembaga filantropi mereka.

“Tujuannya mencegah, mengobati atau mengatasi penyakit untuk anak-anak kita,” kata pasangan ini seperti dilansir USAToday.com.

Sontak rencana ini pun mendapat pujian dari sejumlah kalangan di dunia. Mantan bos Microsoft, Bill Gates misalnya, dalam akun Twitternya langsung menanggapi rencana Zuckerberg dan Chan ini.

“Investasi untuk penelitian adalah akar dari inovasi penting. Berita yang luar biasa dari Chan Zuckerberg Initiative,” kicau Gates.

Zuckerberg dan Chan  © 2016 brilio.net

Loading...

foto: Facebook/chanzuckerberginitiative.

Sambutan serupa juga disampaikan Marc Benioff, Chairman dan CEO Salesforce. “Selamat Mark Zuckerberg & Priscilla Chan untuk donasi USD 3 miliar demi melawan penyakit anak.”- -Ini juga bukan kali pertama pasangan ini “bersedekah” untuk kegiatan amal. Saat menyambut kelahiran putri pertama mereka, Maxima Chan Zuckerberg tahun lalu, mereka juga menyumbangkan 99% saham Facebook yang saat itu senilai USD 45 miliar atau sekitar Rp 621 triliun. Menurut Forbes, total kekayaan Zuckerberg saat ini mencapai USD 55,8 miliar. Wow!- -Chan yang juga seorang dokter anak memberikan pidato emosional saat mengumumkan inisiatif kesehatan ini di sebuah acara di San Francisco, Rabu (21/9) waktu setempat.- -“Kami sangat mengerti batas ilmu pengetahuan dan penyakit. Kami ingin mendorong kembali batas itu. Dengan berinvestasi dalam ilmu pengetahuan, kami berharap bisa membangun masa depan di mana semua anak-anak kita dapat hidup lebih lama dan bermanfaat,” kata Chan.

Zuckerberg dan Chan  © 2016 brilio.net

foto: Facebook/@chanzuckerberginitiative.

Chan juga percaya penyakit yang diderita anak-anak di dunia saat ini bisa disembuhkan. Rencananya, Chan dan Zuckerberg akan berkolaborasi dengan sejumlah ilmuwan, dokter, insinyur dan universitas. Inisiatif donasi sebesar ini dipimpin Cori Bargmann, ilmuwan syaraf dari Rockefeller University di New York.- -Proyek pertama dari inisiatif ini akan memberikan dana sebesar USD 600 juta untuk Biohub yang akan dikerjakan para ilmuwan dari UC San Francisco, Stanford University, dan UC Berkeley.- -“Jika kita dapat mengembangkan alat baru, kita dapat memberdayakan para ilmuwan di seluruh dunia untuk membuat terobosan dan kemajuan lebih cepat. Tapi itu tidak akan terjadi dalam semalam. Kita perlu bersabar. Kita bisa membuat dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita dan untuk generasi mendatang,” ujar Zuckerberg dalam akun resmi Facebooknya.- -Salut deh buat pasangan ini yang terus memikirkan kelangsungan hidup generasi mendatang.- -