Brilio.net - Sosok Raden Ajeng Kartini tak lepas dari sejarah perjuangan emansipasi wanita Indonesia. Kartini adalah putri dari pasangan suami istri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A Ngasirah. Dia dikenal sebagai sosok yang tak pernah patah semangat, sangat antusias terhadap pendidikan dan kesetaraan gender kala itu. Ia berjuang untuk tetap belajar menulis dan membaca dengan rasa ingin tahu yang sangat besar.

Pejuang emansipasi wanita ini terkenal dengan kumpulan surat menyurat dengan karibnya di Belanda,  berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Kartini mampu menggugah, serta menggerakkan para wanita dari kebodohan dan diskrimanasi, pantas saja jika ia memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat kini. Perjuangannya dalam dunia pendidikan untuk wanita agar terangkat harkat dan martabatnya.

Nah, tentunya banyak wanita masa kini yang terinspirasi dengan sosok Kartini. Seperti Suyatni buruh gendong di pasar dengan semangatnya yang luar biasa demi keluarga tercinta, motivasi tinggi Febri Alkantana seorang model fitnes wanita yang ingin nama Indonesia harum di mata dunia. Serta Delfi Annisa, atlet muda angkat besi yang tak pantang menyerah mengejar prestasi.

Selengkapnya, yuk simak penuturan Kartini Masa Kini dalam video Brilio.net spesial Hari Kartini di bawah ini :