Brilio.net - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah sosok presiden yang rendah hati. Salah satu kebiasaan dari presiden pertama yang terpilih lewat pemilihan umum ini adalah blusukan.

Seperti potret lawasnya yang baru - baru ini ramai, dimana ia sedang bertandang ke Pulau Sebatik. Potret itu berhasil mencuri perhatian warganet karena SBY pada masa itu blusukan dan hanya menggunakan motor sambil di bonceng Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @sbyudhoyonoachvs, Jumat (7/5), potret lawas SBY itu kala ia masih menjadi orang nomor satu di Tanah Air. Di foto itu SBY tengah dibonceng mengendarai salah satu motor legendaris dengan merek Yamaha RX King.

sby naik rx king Berbagai sumber

-foto: Instagram/@sbyudhoyonoachvs

"Siapa penggemar Yamaha RX- King? [...] Dengan motor legendaris itu," tulisnya dalam keterangan foto.

Presiden SBY tampak santai duduk di belakang. Ia dibonceng oleh personel Paspampres, dan pasukan yang lain terlihat mengikuti dan bersiap mengamankan di dekatnya.

Pada masa itu SBY memilih mengenakan kemeja lengan pendek sederhana, busana itu dipadukan dengan kacamata hitam dan topi yang senada. SBY pada saat itu memang melakukan kunjungan ke Pulau Sebatik, perbatasan Indonesia-Malaysia.

"Potret Presiden SBY saat dibonceng Paspampres saat Blusukan di Pulau Sebatik, pulau yang berbatasan langsung RI-Malaysia, tepatnya di Tarakan, Kalimantan Utara," tulisnya di caption.

Perlu diketahui, bahwa SBY merupakan presiden pertama RI yang dipilih secara langsung dalam pemilu presiden alias pilpres yang digelar pada 2004. Saat itu SBY terpilih menjadi presiden bersama Jusuf Kalla menjad wakil presiden.

SBY kembali terpilih menjadi presiden pada pilpres 2009. Namun kali ini SBY maju bersama Budiono sebagai wakil presiden. Saat SBY memimpin, alam demokrasi di Indonesia terbuka lebar.

Setiap orang bebas mengritik pemerintah kala itu. Demonstrasi dari berbagai elemen juga kerap digelar buat menyuarakan aspirasi. Salah satu prestasi luar biasa yang berhasil dicapai SBY adalah melunasi utang Indonesia kepada IMF.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SBY Achievements (@sbyudhoyonoachvs)

(brl/red)

(brl/red)