Brilio.net - Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkenal akan kesetiaannya pada Ani Yudhoyono. Meski sang istri telah meninggal dunia pada Juni 2019, SBY masih saja merasa kehilangan yang mendalam.

SBY pun masih selalu mengenang momen manis bersama Ani Yudhoyono. Ia berharap pada tahun-tahun mendatang semakin kuat untuk melanjutkan hidup yang baru, hidup tanpa orang yang sangat dicintainya tersebut.

Rasa cintanya kepada mendiang Ani Yudhoyono, masih terus dibuktikan hingga sekarang melalui berbagai cara, seperti selalu mengunjungi makam sang istri, membuat puisi dan lagu untuk Ani Yudhoyono.

Bahkan beberapa waktu terakhir, SBY tampak sibuk mengurus klub bola voli dan kafe yang diberi nama LavAni. LavAni sendiri diambil dari kata Love Ani.

Terdapat kisah di balik klub voli dan kafe tersebut. Dilansir brilio.net dari Twitter @taraafz pada Jumat (7/8), SBY merupakan atlet voli sejak SMA. Saat menjadi orang nomor satu di Tanah Air, SBY pun kerap menyempatkan waktu untuk bermain voli.

Bersamaan dengan itu, lahirlah tim bola voli Bima Sakti. Tim ini terdiri dari personel rumah tangga dan Grup D Paspampres yang setia mendampinginya.

Awalnya, pemilik akun Twitter @taraafz yang membuat sebuah utas di Twitter mengira bahwa LavAni terinspirasi dari Indonesia yang mempunyai ring of fire atau semangat yang membara.

Kafe dan Klub Lavani © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@taraafz

"Kirain tuh Lavani terinspirasi dr Indonesia yg punya ring of fire (semangat membara gt kali ya maksudnya, jerseynya ada merahnya lg). Ternyata asal namanya dr LOVE ANI FOREVER," tulis akun Twitter @taraafz, Rabu (5/8/2020).

LavAni lahir di Cikeas pada Oktober 2019, ditandai dengan dibangunnya LavAni Sport Center dengan venue utama lapangan bola voli. Komposisi pemain tim LavAni berusia 14-20 tahun dari berbagai pelosok Nusantara.

Kafe dan Klub Lavani © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@lavani.forever

Selain klub voli yang menjadi tanda cinta SBY untuk mendiang istrinya, SBY juga membuat sebuah kafe yang juga diberi nama LavAni Corner.

Pada setiap sudut Lavani Corner, terdapat beberapa hiasan lukisan dan foto SBY dengan Ani Yudhoyono. Mengetahui hal tersebut, banyak warganet mengaku baper dengan kisah di balik nama klub voli dan kafe milik SBY tersebut.

Tak sedikit pula yang menyamakan kisah romantis SBY dengan mendiang BJ Habibie, Presiden ke-3 Indonesia yang juga memiliki setiaan tinggi terhadap istrinya.

Kafe dan Klub Lavani © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@taraafz

"Sempat mikir pak SBY hebat ya banyak kesibukan setelah ibi Ani meninggal, bukan sedih sedihan, bikin kafe, melatih voly, tbtb kepikiran bak Habibi skrg lagi apa, dan gw lupa kalo pak habibi udah ga ada:(( maap, semoga ditempatkan di tempat terbaik disisiNya," tulis @Taqqwwa pada kolom komentar.

"Presiden kita kok setia2 ya, mulai dari habibi, sby, jokowi," tulis @beautyshitpost

"alhamdulillah pak SBY punya kesibukan setelah di tinggal istrinya kdg suami yg sayang bgt sm istrinya trs ditinggal untuk selamanya tuh suka nelangsak pgn ikut istrinya tp ga bisaPensive facePensive face semangat trs pak SBY," tulis @txtdarinath

(brl/pep)