×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Momen Iriana Jokowi gendong bocah Papua naiki 105 anak tangga

View Image

0

BRILIO » Sosok

Momen Iriana Jokowi gendong bocah Papua naiki 105 anak tangga

Aksi Iriana Jokowi ini langsung jadi pembicaraan.

17 / 11 / 2018 15:44

Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua pada Jumat (16/11). Monumen Kapsul Waktu tersebut dibangun di ujung timur Indonesia dengan konsep bangunan menyerupai markas Avengers. Desain ini mengandung filosofi yakni diharapkan anak-anak bangsa memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers.

Menurut Jokowi, seperti dikutip dari akun Instagram @jokowi, para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak dan melindungi orang yang lemah.

Di dalam monumen tersebut ditancapkan kapsul-kapsul berisi harapan anak bangsa untuk 70 tahun ke depan bertajuk 'Tujuh Mimpi Anak-anak Bangsa'. Kapsul ini sudah dibawa keliling Indonesia dari ujung barat hingga finis di timur Indonesia. Ekspedisi kapsul mimpi digelar di 43 kota di 34 provinsi sejauh 24.089 kilometer dari Sabang sampai Merauke.

"Sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita. Apakah tujuh mimpi besar itu telah bisa kita wujudkan? Jadi, ini bukan semata-mata monumen biasa. Ini adalah monumen impian kita bersama," kata Jokowi ketika memberi sambutan peresmian Monumen Kapsul Waktu seperti brilio.net rangkum dari akun Instagram @sekretariat.kabinet Sabtu (17/11).

Harapan dan mimpi anak bangsa dimasukkan ke dalam kapsul dengan harapan agar tulisan tersebut bertahan lama hingga puluhan tahun. Baik bangunan maupun kapsul tempat menyimpan mimpi anak bangsa ini didesain dengan konsep yang futuristik.

Loading...

iriana jokowi © 2018 berbagai sumber

foto: Twitter/@jokowi

Dalam peresmian monumen megah tersebut baik Jokowi maupun Iriana sama-sama mencuri perhatian publik. Hal ini lantaran aksinya menggendong bocah Papua pembawa kapsul mimpi dengan busana adatnya yang khas. Presiden Jokowi menggendong seorang bocah laki-laki sebelum berjalan menyusuri tangga. Sedangkan, Iriana Jokowi terlihat menggendong seorang anak perempuan di punggungnya sambil menyusuri anak tangga menuju puncak monumen.

Deputi Protokol, Pers, dan Media Setpres, Bey Machmudin, menerangkan Iriana menaiki 105 anak tangga saat itu di lokasi. Kemiringan tangga juga tidak begitu curam.

Tak pelak aksi Iriana Jokowi ini dibanjiri decak kagum. Momen peresmian tersebut diabadikan melalui berbagai foto dan video yang belakangan beredar di dunia maya.

Dalam video tersebut tampak Jokowi mengenakan kemeja putih, didampingi ibu Iriana yang mengenakan pakaian bernuansa hijau tosca. Keduanya terlihat menyusuri anak tangga dan mengiringi anak-anak Papua yang bertugas menancapkan kapsul mimpi itu.

Sementara itu, mimpi anak bangsa yang dimaksud di antaranya yakni sumber daya manusia yang cerdas mengungguli bangsa-bangsa lain, bebas korupsi, sampai jadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia. P

residen Jokowi menjelaskan melalui akun Instagram pribadinya @jokowi, Monumen Kapsul Waktu tersebut merupakan bangunan tugu yang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan pintu yang mewakili suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu, sebagai penjaga tugu. Sedangkan, di dalam monumen terdapat relief mengenai perjalanan Indonesia, Pancasila, serta kebudayaan Papua. 1,5 hektar arealnya yang lain dibangun menjadi alun-alun.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    20%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    20%

  • Love

    60%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more