Brilio.net - Cukur rambut merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh pria, termasuk juga sejumlah presiden Indonesia. Mulai Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Joko Widodo atau Jokowi. Aktivitas rutin cukur rambut itu juga yang membuat mereka memiliki tukang cukur langganan.

Sama halnya dengan presiden terdahulu, Jokowi juga mempunyai tukang cukur langganan. Dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Instagram pribadinya, Presiden Indonesia ke-7 ini terlihat sedang dicukur oleh tukang cukur langganannya.

Sementara itu, Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga punya tukang cukur pribadi bernama Agus Wahidin. Jauh sebelumnya, Soeharto pun juga mempunyai tukang cukur khusus. Tukang cukur Soeharto bernama Pak Yos.

Nah, berikut beberapa momen saat ketiga presiden Indonesia sedang cukur rambut seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (21/8).



1. Joko Widodo.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

 

Pria yang beruntung menjadi tukang rambut langganan Jokowi bernama Jumadi. Sehari-hari ia membuka pangkas rambut di Bogor Utara. Dalam sebuah unggahannya pada 30 Mei 2019 lalu, Jumadi terlihat sedang mencukur Jokowi.


"Nih, apa, cukur rambut, ngerapihin rambut. Mau Lebaran. Makasih Mas Jum," ujar Jokowi dalam video tersebut.

Selain Jumadi, ada juga tukang cukur langganan Jokowi di Jakarta yakni Herman yang berasal dari Garut. Sebelumnya, Jokowi sempat bercerita bahwa dirinya punya tiga tukang cukur langganan. Mereka buka pangkas rambut di Jakarta, Bogor, dan Solo.



2. Susilo Bambang Yudhoyono.

presiden cukur rambut instagram

foto: Instagram/@aniyudhoyono


Sementara itu, almarhumah Ani Yudhoyono sempat mengunggah sebuah foto saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang dicukur. Foto tersebut diunggah pada 24 Desember 2016 lalu.

"Bapak dari Garut inilah yang paling berani pegang kepala SBY," tulis Ani Yudhoyono sebagai keterangan foto.

Sejak menjadi pemangkas rambut pribadi Presiden ke-6 Republik Indonesia itu, Agus Wahidin sering diminta mencukur rambut para menteri dan pejabat kepolisian. Agus membuka pangkas rambut di Bekasi, Jawa Barat.



3. Soeharto.

presiden cukur rambut instagram

foto: Instagram/@titiksoeharto

 

Pak Yos merupakan tukang cukur yang biasa mangkal di bawah pohon di Jalan Haji Agus Salim, Jakarta. Pak Yos merupakan tukang cukur langganan Soeharto sejak sebelum jadi presiden. Namun hingga Soeharto menjadi presiden, ia tetap meminta Pak Yos untuk mencukur rambutnya.


Sejak menjadi Presiden Indonesia ke-2, Soeharto mengundang Pak Yos untuk mencukur rambut di rumahnya di Jalan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat. Hal itu sempat diungkapkan oleh Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut. Dalam sebuah unggahannya pada 25 Juni 2019 lalu, Mbak Tutut sempat membagikan sebuah foto saat ayahnya sedang dicukur rambutnya. Soeharto terlihat agak menunduk saat Pak Yos mencukur rambutnya.