Brilio.net - Mungkin kamu akan terasa asing jika mendengar nama Mohd. Azwan Md Nor. Ya kan? Tapi pasti tidak asing lagi kan jika mendengar nama Wak Doyok. Padahal dua nama itu adalah satu orang. Wak Doyok merupakan nama lain dari pria yang kini berusia 37 tahun ini.

Pria yang bergaya maskulin dengan jambang dan kumisnya ini adalah pengusaha yang kini jadi ikon mode paling terkenal di Asia. Kisahnya sebelum terkenal belum banyak diketahui publik. Siapa sih sebenarnya dia?

Wak Doyok berasal dari Malaysia. Ia pernah bekerja sebagai kuli bangunan hingga tukang ojek di tempat kelahirannya. Namun ia tidak menyerah begitu saja. Ia melamar pekerjaan di toko pakaian yang khusus menjual pakaian laki-laki. Sayangnya ia ditolak pemilik toko.

Lalu, ide itu muncul. Yakni bagaimana cara menumbuhkan jambang dan kumis agar terlihat maskulin. Saat itu ia mulai rajin menggunggah fotonya yang bergaya maskulin. Nah, tidak lama kemudian ia pun menjadi selebgram. Dari situ ia memulai usahanya dan kini ia pun sukses berkat jambang dan kumisnya.

Wak Doyok dengan fashion khasnya

Loading...

Liputan Wak Doyok © 2016 brilio.net

Oh ya, tunggu sebentar. Kenapa nama yang dipakai adalah Doyok? Apa hubungannya dengan pelawak Doyok? Jawabannya adalah ternyata ia mengidolakan pelawak Doyok yang sangat terkenal dengan filmnya bersama Kadir yang sering diputar di Malaysia. Dan karena ia masih keturunan Jawa, ia pun membuat nama untuk dirinya "Wak Doyok" hingga sekarang.

Salah satu usahanya adalah krim penumbuh jambang dan kumis yang diberi nama Wak Doyok. Tidak hanya krim penumbuh jambang saja, ia kini sudah melebarkan sayapnya dengan pomade, kopi dan clothing line yang bergaya British. Belum lagi usaha tempat cukur rambut yang tersebar di Malaysia.

Beberapa waktu lalu, brilio.net berkesempatan mewawancarainya secara khusus saat ia menghadiri Kustomfest 2016 yang diselenggarakan di Jogja Expo Center Hall. Berikut wawancara lengkapnya:

Sebagai ikon mode terkenal, apa yang anda rasakan sekarang?

Aku ingin apa yang ku miliki, bisa bermanfaat bagi masyarakat. Dan apa yang aku usahakan ini, masyarakat bisa merasakannya juga. Itulah kenapa aku membuka usaha penumbuh jambang, agar membantu anak-anak muda khususnya di Malaysia, Indonesia dan yang lain juga.

Darimana Anda bisa kepikiran membuat usaha ini?

Pada mulanya aku ingin menumbuhkan brewok biar ada gayanya, daripada nggak ada gaya. Dengan brewok membuat saya terlihat seorang gentleman yang berbeda. Dengan janggut dan kumis, di dunia fashion memiliki karakter yang berbeda, karena kesannya yang gentleman dan lebih terlihat stylish. Maka dari itu aku mau terkesan gentleman.

Penampilan Anda maskulin banget, kalau boleh tahu darimana Anda mendapatkan pakaian dan sepatu yang sering Anda gunakan?

Sejak dua tahun belakangan ini, teman-teman aku di Bandung sudah membuat clothing brand sendiri. Contohnya kayak jas yang aku pakai ini dibuat oleh sahabatku di Bandung. Dan juga sepatu handmade ini buatan Bandung. Semuanya punya kualitas yang sangat bagus sekali, dan sering aku pamerkan kepada teman-temanku di Malaysia sehingga mereka pun tertarik untuk membeli.

Sekarang gaya Anda menjadi tren bagi kalangan laki-laki, ada nggak rencana menciptakan tren lagi?

Selain jambang dan kumis, potongan rambut juga penting. Itu kenapa aku juga membuat produk pomade, biar memberikan kepuasan bagi yang ingin potong rambut agar terlihat rambut seorang gentleman. Tren rambut gentleman akan membuat laki-laki terkesan sangat maskulin.

Apa obsesi Anda ke depan?

Sebenarnya titik aku ini belum ada penghabisan. Langkah selanjutnya aku lagi bikin fashion. Insyaallah kalau ada rejeki tahun depan akan melangkah ke Milan untuk memperkenalkan brand aku sendiri di Milan Fashion Show sekitar bulan Maret. Sekitar bulan November aku juga ikut di Asian Fashion Week di Malaysia.

Tips sukses bisnis ala Wak Doyok apa?

Yang penting yakin, konsisten dengan apa yang kita lakukan. Jangan ada down (putus asa, red) apabila ada orang mengatai kita kampungan, nggak akan maju. Karena orang seperti itulah yang mendidik kita untuk maju ke depan. Kita mesti yakin apa yang kita lakukan.

Apa pesan Anda bagi anak muda yang ingin mencapai sukses?

Pesanku kepada anak muda, jika ingin mengambil bidang yang ingin ditekuni. Satu pesan saya, minat itu jangan diubah-ubah, karena kalau berubah-ubah nanti akan bingung menjadi apa kita nantinya. Sebab itu kepada anak-anak muda supaya yakin kepada diri sendiri dan juga terus maju ke depan jangan menoleh ke belakang lagi.

 BACA JUGA

17 Foto ini bisa mengukur apakah hormon seksualmu tinggi atau tidak

27 Foto terbaik dunia ini dikira hasil editan Photoshop

25 Anak artis ini mirip banget sama orangtuanya, plek jiplek banget!