Brilio.net - Gempa berkekuatan 7,4 SR disertai tsunami setinggi 1,5 meter yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah Jumat (28/9) memakan lebih dari 800 korban jiwa. Berbagai infrastruktur, mulai dari rumah warga, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit hingga tempat ibadah juga mengalami kerusakan parah. Sebagian hancur akibaat gelombang tsunami yang menerjang. Hingga saat ini, upaya pencarian korban jiwa masih terus berlangsung.

Di antara ratusan korban jiwa, sosok Agil Ababil memercikkan setitik kisah pilu yang mengharukan. Pria tersebut tengah mengumandangkan azan maghrib di sebuah masjid saat gempa berkekuatan besar mengguncang Palu dan Donggala. Alih-alih memilih berlari bersama jamaah lainnya, Agil justru memilih untuk menyelesaikan lantunan azannya. Tak lama, bangunan masjid tersebut roboh akibat gempa dan Agil tewas tertimpa reruntuhannya.

Dilansir brilio.net dari akun Facebook Ronal Rasyid Senin (1/10), berikut sosok Agil Ababil yang begitu menginspirasi.

kisah pilu gempa palu © 2018 facebook
foto: Facebook/Ronal Elrasyid

"Akhi Agil ababil (Kader KAMMI Palu) sdh dipanggil Allah swt. Beliau meninggal saat Ingin menyelesaikan Azan nya meskipun semua jamaah sdh pada lari keluar Masjid dan saat azan telah selesai beliau kumandangkan, Allah panggil beliau sebagai salah satu Hadia karna telah berjuang memanggil Umat.
Selamat jalan , teman seperjuangan kami .. Semoga Amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT .. Amin ..," tulis Ronal Elrasyid dalam caption unggahannya.

Kisah Agil inipun menjadi sorotan warganet. Banyak dari mereka yang mendoakan kebaikan untuk mendiang Agil, tak jarang mereka mengungkapkan kekagumannya terhadap niat baik pria yang satu ini.

"Aamiiiin ya Allah tempatkan hambamu di syurgamu," ungkap akun NurLiviya Zakaria.

"Innalilahi wa innailaihi Raji'un, semoga Husnul khatimah, amin ya Allah," ujar akun Ummi Dira Mirza.

"Aamin. Semoga Allah tempat kn di tempat yg plg indah...dn keluarga yang di tinggalkan semoga tabah...," tulis akun Cut Satriyani.

"Allahuakbar semoga diberikan tempat disurga," kata akun Tino Rambo.