Brilio.net - Persaingan memperoleh bangku kuliah favorit dan populer merupakan impian setiap calon mahasiswa. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan usaha, kegigihan, dan tentunya semangat juang yang luar biasa.

Hal serupa juga ditunjukkan oleh polwan cantik yang baru-baru ini ramai jadi sorotan, Mesya Ananda. Setelah lulus seleksi Akademi Kepolisian (Akpol), ia berjuang kembali untuk menimba ilmu di perguruan tinggi Inggris.

Tak main-main, Ananda mendapat beasiswa bergengsi dalam negeri. Yang bikin takjub, ia juga diterima di 7 universitas Inggris sekaligus. Kisah perjuangannya ini pun ia tuangkan di akun Instagramnya @mesyaananda.

Hal itu dimulai pada saat dirinya mendapatkan ranking 5 besar Sekolah Bahasa Polri hingga gratis mengikuti tes IELTS dan mendapat score 7,5.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Meysa Ananda diterima 7 univ Inggris © Instagram

foto: Instagram/@mesyaananda

"Mulai dari ikut dikjur Sekolah Bahasa POLRI dan alhamdulillah rank top 5 diberi kesempatan untuk tes IELTS dibiayai hingga mendapat overall score 7,5. Alhamdulillah juga bisa meraih penghargaan Lulusan Terbaik pada Sebasa 2020," tulis Ananda, seperti dilansir brilio.net pada Rabu (28/7).

Kesibukan Ananda selanjutnya adalah dengan mempersiapkan berbagai dokumen hingga riset untuk mendapatkan beasiswa. Dokumen itu seperti surat administrasi, rekomendasi, essay personal statement, hingga mondar-mandir merombaknya selama 9 bulan. Hal itu pun ia lakukan sembari menjalankan tugas kepolisian.

"November-Juli mempersiapkan diri dan berkas untuk mendaftar universitas tujuan dan beasiswa LPDP. 9 bulan diisi dengan research universitas dan bandingin keunggulan program & universitas,membuat surat administrasi, minta surat rekomendasi, begadang buat essay personal statement, minta masukkan berbagai orang, bolak balik translate dokumen, rombak revisi essay lagi (berkali-kali), buka mantengin email terus nunggu letter of acceptance (loa) dari universitas,nangis ditolak univ, semua sambil menjalankan tugas kepolisian @polisi_indonesia," lanjut Ananda.

Meysa Ananda diterima 7 univ Inggris © Instagram

foto: Instagram/@mesyaananda

Berbagai kesulitan hingga rasa lelah sering ia rasakan. Terlebih dengan adanya kondisi pandemi Covid-19, Ananda sempat merasa pesimis. Namun, semua itu seketika sirna saat ia mulai mendapatkan kabar bahagia.

"Sempat pesimis dengan kondisi pandemi ini yang menyebabkan beasiswa LPDP belum ada kepastian untuk dibuka. Pesimis itu dihibur dengan notifikasi email dari universitas yang mulai muncul satu per satu. Pertama kali, University of Sheffield dan bertepatan waktu itu lagi pulang ke Jakarta karena papa dirawat. Adanya surat itu jadi kabar bahagia keluarga," ujarnya.

Tak tanggung-tanggung, polwan berhijab ini rupanya diterima di 7 universitas di Inggris.

Meysa Ananda diterima 7 univ Inggris © Instagram

foto: Instagram/@mesyaananda

"Alhamdulillah pada akhirnya diterima di 7 universitas di United Kingdom (Inggris):

1. University College London / UCL (rank 9 di dunia)

2. University of Glasgow

3. University of Leeds

4. University of Exeter

5. University of York

6. University of Sheffield

7. University of Lancaster

Lalu ikut seleksi @lpdp_ri mulai dari 0 lagi. Kirim berkas administrasi. Seleksi tes potensi akademik. Tes wawancara. Dan pada akhirnya diterima sebagai awardee LPDP 2021," ungkap Ananda.

Kabar ini membuat Ananda terpicu untuk senantiasa berbagi hal positif. Ia mengajak publik untuk senantiasa berpikir serta melakukan hal besar suatu saat nanti bagi dunia.

"Aku harap ini dapat menginspirasi untuk bermimpi, berpikir dan bertindak besar. Jadilah ekstra. Dunia ini membutuhkan kamu untuk membuat perbedaan. Berikan kontribusi KAMU! Kita dapat berkontribusi dengan memecahkan masalah yang sedang dihadapi negara kita saat ini. Untuk melakukan itu, kita perlu dididik dengan baik untuk memahami strategi untuk menyelesaikannya secara efektif. Aku sangat percaya bahwa mendapatkan pendidikan terbaik akan membuka pintu bagi orang-orang untuk berkontribusi bagi Indonesia.

Ini baru awalnya, Bismillah," pungkas Ananda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ananda (@mesyaananda)

(brl/gib)