Brilio.net - Menduduki jabatan tinggi bukanlah hal yang mudah. Diperlukan tanggung jawab dan komitmen yang besar ketika mengemban amanah.

Sikap disiplin yang menjadi teladan bagi para junior pun juga dibutuhkan untuk melahirkan keberhasilan. Hal ini pula yang tampak dari seorang Mayor Jenderal TNI (Purn) Victor Hasudungan Simatupang saat mengabdi selama 35 tahun. Tak ayal, ia pun berhasil meraih prestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Tak hanya selama menjalankan tugas, Mayjen TNI (Purn) Victor Simatupang pun menjadi pusat perhatian, bahkan jelang masa purna tugasnya. Pria yang mencapai masa purnanya pada 19 Juli lalu itu tampak membasuh kaki anak buahnya.

Terlihat beberapa prajurit tengah duduk di sebuah lapangan. Jenderal bintang dua itu pun berlutut sembari membersihkan kaki juniornya dengan air dari sebuah ember yang berada di depannya.

Momen Mayjen TNI Victor Simatupang basuh kaki anak buah © YouTube

foto: Youtube/Gideon Simanjuntak & Amanda Zevannya

Dilansir dari kanal Youtube Gideon Simanjuntak & Amanda Zevannya pada Jumat (13/8), kegiatan tersebut dilakukan di Markas PMPP TNI di Sentul, Bogor, 23 Juli 2021. Tindakan Mayjen TNI (Purn) Victor Simatupang yang rela membasuh kaki anak buahnya itu lantas menarik perhatian warganet.

Banyak yang memuji sikap rendah hatinya dalam memperlakukan para juniornya. "Jenderal yang Humble..," ujar @gangnam style.

"GBU jendral...," tulis @Hendra Manik.

"Sukses selalu jenderal," lanjut @vence simanjuntak.

Momen Mayjen TNI Victor Simatupang basuh kaki anak buah © YouTube

foto: Youtube/Gideon Simanjuntak & Amanda Zevannya

Di balik kesuksesannya, Mayjen TNI (Purn) Victor Simatupang mengakui ada banyak lika-liku yang harus dilewati. Termasuk juga ketika mendapat kabar dari Kodam saat dinyatakan lolos masuk AKABRI.

Namun, kebahagiaan itu hampir terkendala karena permasalahan ekonomi. Akan tetapi kedua orang tuanya memperjuangkan dana hingga utang, demi memberangkatkan dirinya ke Magelang untuk menjalani pendidikan.

Momen Mayjen TNI Victor Simatupang basuh kaki anak buah © YouTube

foto: Youtube/Gideon Simanjuntak & Amanda Zevannya

Kini perjuangan itu pun terbayar manis dengan kesuksesannya. Di sisi lain, Mayjen TNI (Purn) Victor Simatupang dikenal sebagai sosok yang banyak mengukir prestasi. Ia pernah mendapat kepercayaan bertugas di Paspampres, menjalankan penugasan luar negeri untuk misi perdamaian seperti di Kamboja, Timor Timur hingga meraih medali PBB (UN Service Medal).