Brilio.net - Wabah corona yang menyerang 1,7 juta jiwa di 210 negara dan wilayah ini membuat dunia kewalahan menghadapinya. Terutama dalam dunia kesehatan yang terus berada di garda terdepan dalam memerangi wabah pandemi Covid-19. Tak hanya soal perawatan pasien virus corona di rumah sakit, pemularasan jenazah pun mengalami kekacauan.

Beberapa jenazah korban Covid-19 ini pun terpaksa harus terlantar. Seperti baru-baru ini ada jenazah korban corona yang sempat terlantar di wilayah Sulawesi Utara. Tak tinggal diam, petugas keamanan pun segera bertindak untuk memakamkan jenazah tersebut. Ya, ia adalah Bripka Jerry yang berinisiatif menyelamatkannya. 

Atas jasanya, Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan hadiah Sekolah Inspektur Polisi (SIP) kepada Bripka Jerry Tumondo. Hadiah itu diberikan berkat keberanian serta keikhlasan dirinya memakamkan jenazah korban Covid-19 atau corona yang sempat terlantar di wilayah Sulawesi Utara tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Dimembe Polres Minahasa Utara, Sulawesi Utara itu bahkan tak menyangka rasa kemanusiaannya itu mendapat perhatian dari pimpinan Polri.

"Saya atas nama pribadi dan institusi Polri respect sama hasil kerja kemanusiaan kamu, saya terima kasih. Seluruh anggota Polri bangga akan ketulusanmu bekerja membantu memakamkan korban akibat Covid-19," kata Idham dalam video saat melakukan sambungan video call WhatsApp kepada Jerry, Jakarta, Selasa (15/4).

Loading...

Saat itu, Idham pun menanyakan pangkat Jerry saat ini yang sudah berkeluarga dan memiliki tiga anak tersebut.

"Sudah bisa sekolah belum," tanya Idham.

"Sudah bisa jenderal," jawab Jerry.

Kemudian, Idham bertanya kembali kepada dirinya dengan pertanyaan telah berapa kali mendaftar SIP.

"Belum pernah jenderal," jawab Jerry.

Mendengar hal itu, mantan Kapolda Metro Jaya ini langsung memberikan surat telescoting atau keistimewaan jalur agar Jerry bisa melanjutkan Sekolah Perwira.

"Nanti tahun depan masuk SIP ya, bilang ke istri, pak Kapolsek dan Kapolres bilang Kapolri tadi telepon, nanti surat (telescoting) nya saya kirim ke Kapolda ya," ujar Idham.

Sementara itu, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Royke Lumowa menyampaikan apresiasinya kepada mantan Kabareskrim yang telah memberikan penghargaan terhadap anggotanya yang melakukan tugas kemanusiaan secara tulus dan ikhlas.

"Penghargaan ini menjadi pemicu semangat semua insan Bhayangkara Bumi Nyiur Melambai di dalam menjaga Ibu Pertiwi dengan setulus hati," tutup Royke.