Brilio.net - Kabar duka datang dari Pura Mangkunegaran Surakarta. Raja Pura Mangkunegara Solo KGPAA Mangkunegara IX meninggal dunia di Jakarta pada Jumat dini hari, (13/8).

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Jumat (13/8) Humas Pura Mangkunegara, Joko Pramudya membenarkan kabar wafatnya KGPAA Mangkunegara IX. Sang Raja meninggal pada pukul 02.50 WIB. Rencananya jenazah akan dibawa menuju Solo dengan menggunakan jalur darat. "Iya benar," jawab Joko Pramudya yang dilansir dari Liputan6.com.

Menurut dia, KGPAA Mangkunegara IX meninggal di Jakarta. Namun ketika ditanya mengenai meninggalnya di rumah sakit atau rumah, ia tidak berani menjawabnya dan memintanya untuk menunggu keluarnya keterangan resmi dari Pura Mangkunegaran.

"Untuk lebih jelasnya kagem (buat) media nanti akan disampaikan melalui rilis," ucapnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang beredar di sejumlah WhatsApp group bahwa jenazah akan dibawa menuju Solo melalui jalur darat. Rencananya jenazah tiba di istana Pura Mangkunegaran pada pukul 11.30 WIB.

Setibanya di Pura Mangkunegaran jenazah KGPAA Mangkunegara IX akan disemayamkan terlebih dahulu di istana. Setelah itu jenazah akan diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir di Astana Girilayu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Raja Mangkunegara IX meninggal dunia di Jakarta © berbagai sumber

foto: Instagram/@menursoekarno77

KGPAA Mangkunegara IX merupakan mantan suami Sukmawati Soekarnoputri. Sang raja juga merupakan ayah dari Paundrakarna dan Menur Soekarno.