Brilio.net - Kematian menjadi sesuatu yang pasti adanya dan tidak dapat ditebak kapan masa itu akan tiba. Hal itulah yang membuat Aa Gym banyak mendapatkan pelajaran saat kondisi tubuhnya jatuh sakit dan dirasakannya sangat dekat dengan kematian.

Beberapa hari terakhir kondisi kesehatan dai kondang tersebut tidak stabil. Sebagaimana dihimpun brilio.net dari akun Facebooknya, Senin (20/6), Aa Gym secara tiba-tiba drop dengan tensi darah menjadi sangat rendah dan suhu tubuh yang mencapai 33 derajat.

Beberapa tes kesehatan telah dilakukan Aa Gym dan hasilnya selalu baik. Namun tiba-tiba suhu badannya menjadi tidak stabil. Awalnya hanya kolesterol namun beberapa saat kondisi tubuhnya menjadi tidak menentu. Tekanan darah naik dan dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Bahkan Aa Gym sempat merasakan nyeri yang sangat hebat dan sempat hilang kesadaran.

"Kalau mau tidur ini besok saya bangun atau tidak, jadi sekarang kalau mau tidur sekarang lebih hati-hati karena belum tentu saya masih hidup. Rasanya tidak mau sekali meningggalkan shalat jamaah walaupun diopname lebih milih di mesjid aja, kalau perlu ingin meninggal di mesjid aja," cerita Aa Gym dengan penuh haru.

Kondisi kesehatan yang menurun membuat Aa Gym merasa sangat dekat dengan maut. Dalam isak tangis yang tidak tertahankan, sang kiai beberapa nasehat buat umat.

Ini dia wasiat Aa Gym yang membuat haru orang yang mendengarnya. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


Ada lima wasiat yang diberikan Aa Gym.

1. Jangan menunda kewajiban.
2. Jangan menunda taubat dan minta maaf.
3. jangan sia-siakan nikmat.
4. Jauhi maksiat.
5. Jika ingin khusnul khatimah, perbanyak khusnudzan ke Allah.

Aa Gym pun menjelaskan bahwa dirinya merasa masih banyak kekurangan dan masih banyak ibadah yang ingin dia sempurnakan. Ingat mati menjadi nasehat yang sangat luar biasa baginya.

Nasehat Aa Gym ini membuat haru para pendengarnya. Bahkan yang semakin membuat haru saat Aa Gym menyampaikan keinginannya untuk meninggal di mesjid dan ingin dimakamkan di Eco Pesantren yang berada di dekat mesjid. Aa Gym pun berpesan untuk tidak membangun apa pun di atas makamnya. Tak lupa pun doa dia panjatkan untuk santri-santrinya. "Mudah-mudahan ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua, terima kasih semuanya yang telah mendoakan," pungkasnya.

Kini kondisi Aa Gym mulai membaik. Berbagai pengobatan masih dijalaninya. Aa Gym membagikan kisahnya ini untuk menjadi pelajaran bagi dirinya mau pun orang lain. Cepat sembuh dan pulih kembali Aa Gym sehingga bisa kembali menyebarkan kebaikan.