Brilio.net - Kota Bekasi tak sabar menanti wajah baru dari Kalimalang lewat tangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pada 12 September lalu, Ridwan Kamil mengumumkan kabar akan melakukan revitalisasi sungai Kalimalang seperti harapan Presiden Joko Widodo.

Ridwan kamil memulai desain dan perencanaan merevitalisasi Kalimalang agar terlihat seindah sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Langkah awal, Ridwan Kamil meninjau langsung sungai Kalimalang yang terlihat kumuh dan kotor.

Dua minggu berselang, Ridwan Kamil memberikan informasi terbaru seputar proyek revitalisasi Kalimalang. Pria yang juga arstitek ini membagikan desain Kalimalang kepada khalayak melalui Instagram pribadinya pada Rabu (27/9). Ridwan Kamil membagikan empat desain sembari memberikan potret sebelum dan sesudah Kalimalang.

Loading...

"PROGRES DESAIN KALI MALANG, Kota Bekasi per 26 September 2018. Warga Bekasi mau ada kegiatan keren apa disana yang harus ada ? Wedding Garden? LDR corner? _____SETIAP KOTA/KAB akan mendapatkan giliran penataan kawasan dan tata ruang dari hibah Provinsi. Tunggu aja tanggal mainnya. Nuhun," unggah Ridwan Kamil di Instagram pribadinya dikutip brilio.net, Kamis (27/9).

kalimalang baru  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ridwankamil

Kalimalang akan diubah menjadi tempat rekreasi sekaligus ruang terbuka publik yang memiliki beragam fasilitas. Beberapa spot seperti jembatan dan jalan setapak dibangun di pinggir sungai. Tanaman dan taman akan memperindah wajah baru Kalimalang.

kalimalang baru  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ridwankamil

Tak ketinggalan ada beberapa spot kafe dan bangku-bangku di pinggir Kalimalang. Wajah Kalimalang yang baru banyak dinantikan oleh warga Bekasi.

kalimalang baru  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ridwankamil

Ridwan Kamil menyebutkan setiap kota maupun kabupaten di Jawa Barat akan mendapat giliran penataan kawasan dan tata ruang dari hibah provinsi.

Tak heran, postingan Gubernur Jawa Barat terkait desain terbaru Kali Malang di Kota Bekasi ini mendapat respons positif dari warganet.

"Dari Cikarang sampe jati bening kali Malang begini... Saya tunggu pak,nuhun pisan @ridwankamil," ungkap akun @haqi_tinggi.

Hal senada juga diungkapkan oleh akun @almurisna, "ga sabar euy..biarin dech skr macet yrs di kalimalang..tp nnti kdpan akan bagus. nuhun kang."

Respons tanggap dari Ridwan Kamil mengundang ucapan terima kasih dari warganet. "Makasi Pak.. Akhirnya Bekasi punya RTH saya bosen pak ke mall mlulu.. Dompet saya rapuh soalnya," ungkap akun @nurul_mardiyah.

"Trimakasih kang @ridwankamil akhirnya planet mars lebih indah dari bumi sekarang.saya bangga jd warga Mars," komentar akun @shielapasaribu.

"Ayolah buktikan pak ridwan khamil..biar kaya di eropa..khususnya italia n belanda," semangat dari akun @bilal_hendro.