Brilio.net - Apa yang dilakukan ketika kamu menemukan uang di tempat umum secara tiba-tiba? Bisa jadi jawabannya tergantung. Kalau jumlahnya besar diambil, kalau jumlahnya sedikit dibiarkan saja. Atau mungkin kalau jumlahnya relatif besar kamu terlalu takut untuk mengembatnya. Bagaimanapun, kalau ketemu uang yang bukan milikmu, cara paling bijak adalah dengan mencoba mengembalikan kepada pemiliknya. Toh sekarang ada media sosial (medsos) yang bisa digunakan. Medsos adalah tempat efektif untuk menginformasikan apapun.

Hal baik dilakukan oleh seorang asing yang sedang berada di Indonesia. Pavel Bulowski, bule asal Republik Ceko, ini menemukan uang sejulah Rp 2 juta di ATM BCA di Canggu Plaza, Bali. Melalui akun media sosialnya, Bulowski menulis pengumuman menggunakan dua bahasa Inggris dan Indonesia.

bule uang  © 2016 brilio.net



"Free money!
Hey guys I just found 2 mil sticking out of BCA atm at the Canggu plaza, no card though, according to the slip it was there from 9.20 until now. If it is yours let me know! (you would have to prove it with the card and withdrawal record from your bank)"

Lalu satu spasi di bawahnya tertulis terjemahan Bahasa Indonesia.  

"Uang gratis!
Hai, teman2! Saya baru saja menemukan Rp 2jt tertinggal do ATM BCA Canggu Plaza, tanpa kartu, dan menurut struknya uang tsb ditarik pukul 9.20 pagi. Kalau uang ini milik Anda, kabari saya! (Anda perlu membuktikannya dengan menunjukkan kartu dan catatan penarikan dari bank Anda)."

"Betapa jujurnya kamu. Ini membuatku senang," tulis pengomentar pertama post ini, Joshua van der Broek.

Beberapa komentar lain pun turut memberi apresiasi. Misalnya Rosida van Aalten yang menulis,"Kita butuh lebih banyak orang sepertimu,". Ada pula yang menganjurkan agar berhati-hati seperti Eriee Nwes,"Saya menganjurkan Anda membawanya ke kantor BCA terdekat dan  mereka akan menemukan pemilik uang jika memang kamu punya bukti penarikan. Tapi pastikan Anda tidak meninggalkan uangnya di sana, minta mereka mengontak pemilik uang, atau tunggu sampai pemilik uang mengambilnya,"

bule uang  © 2016 brilio.net