Brilio.net - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) atau Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik tahun ini kembali digelar. Papua Nugini yang kali ini kebagian jatah menjadi tuan rumah forum ekonomi yang diikuti oleh 21 negara di lingkar pasifik.

Indonesia juga mengirim wakil dalam KTT APEC 2018 yang digelar di Hotel Stanley, Port Moresby pada Sabtu (17/11). Pada kesempatan kali ini Indonesia yang diwakili langsung oleh Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden China. Pertemuan tersebut tentunya membahas ekonomi antar dua negara.

Namun yang menarik bukanlah pertemuan Jokowi dan Xi Jinping, melainkan pertemuan antara Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Secara tak langsung pertemuan ini membawa suasana nostalgia antara keduanya.

justin mahathir © berbagai sumber

foto: says.com

Ternyata Mahathir dan Justin pernah saling bertemu bahkan sempat bersalaman 36 tahun lalu. Saat itu tepatnya pada tahun 1982, Justin yang saat itu sedang ikut perjalanan bisnis sang ayah bertemu dan bersalaman dengan Mahathir. Waktu itu Justin Trudeau masih berusia 11 tahun.

Ayah dari Justin merupakan mantan Perdana Menteri Kanada yang pernah menjabat selama dua periode. Pierre Elliott Trudeau menjabat dari tahun 1968-1979 dan 1980-1984.

Kini telah 36 tahun berlalu, keduanya kembali bertemu. Saat ini baik Mahathir dan Justin sama-sama menjabat sebagai Perdana Menteri untuk negaranya masing-masing. Sebagai kenang-kenangan, Komisaris Tinggi Kanada di Malaysia memberi hadiah kepada Mahathir foto lawas mereka saat bersalaman pada tahun 1982.

justin mahathir © berbagai sumber

foto: Twitter/@chedetofficial

Kenang-kenangan foto bersejarah tersebut kemudian diunggah ke media sosial Mahathir. Ia menuliskan rasa terima kasih kepada Komisaris Tinggi Kanada karena telah memberikan foto tersebut.