Brilio.net - Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan klasik yang sering dirasakan masyarakat di kota-kota besar. Penyebab kemacetan bisa berbagai macam, salah satunya volume kendaraan melampaui kapasitas jalan. Tapi yang pasti apapun penyebabnya, kemacetan terasa menjenuhkan karena banyaknya waktu terbuang percuma di jalanan. Tak heran kalau banyak orang yang mengeluhkan situasi ini.

Namun rupanya keluhan mengenai kemacetan dan dampaknya dimanfaatkan dengan baik oleh seorang sopir angkot di Bandung, Muhamad Piyan Sopian (40). Ketimbang mengeluh soal kemacetan, ia bersama istrinya, Elis Ratna (30), 'mempercantik' suasana dalam angkot menjadi ruang baca yang menarik.

"Daripada mengeluh karena macet di seputar Jalan Raya Kopo Leuwi panjang. Yuk naik angkot, sambil membaca buku, gratis tidak dipungut biaya," tulis Elis Ratna dalam foto yang diunggahnya di Facebook dikutip brilio.net, Sabtu (15/10).

Ide pasangan suami istri yang mengajak para pengguna jalan untuk naik angkot sambil baca buku gratis pun mendapatkan respons positif dari netizen. Banyak yang terinspirasi untuk membuka perpustakaan keliling di angkutan umum seraya mendoakan apa yang dilakukan keduanya dapat membawa manfaat.

"Super terima kasih untuk suamiku, yang telah sama-sama bergerak dalam mewujudkan mimpi. Demi Bandung yang Literat," ujarnya.

Elis menambahkan jika ide unik tersebut telah dilakukan bersama suaminya sejak 4 tahun lalu. Namun, baru tahun ini keduanya bisa konsisten.

"Sebenarnya hampir 4 tahun hanya kemarin tidak permanen karena menggunakan angkot punya orang lain. Alhamdulillah ini mah ada yang menitipkan angkotnya," tambahnya.

Berikut foto-foto angkot yang sediakan buku bacaan gratis, seperti dikutip brilio.net dari akun Facebook Erlis Ratna, Sabtu (15/10):

1. Baca buku gratis di dalam angkot.

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net

 

2. Buku-buku tersebut sebagian merupakan koleksi pribadi namun ada dari seseorang yang mewakafkan bukunya.

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net

 

3. Buku-buku ditata dengan rapi Muhamad Piyan Sopian (40) di bagian belakang angkotnya.

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net

 

4. Inilah supir angkot Bandung yang layak jadi idola.

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net

 

5. Naik angkot sambil baca buku gratis, kreatif!

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net

 

6. Kalaupun jalanan lagi macet bisa tetap produktif.

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net

 

7. Cita-cita mereka ingin membuat perpustakaan keliling di angkotnya, inspiratif.

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net

 

8. Semoga berkah untuk Erlis Ratna (30) dan Muhamad Piyan Sopian (40).

Angkot di Bandung © 2016 brilio.net