Brilio.net - TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Akademi Angkatan Laut (AAL) kembali melahirkan sosok berprestasi. Tidak melulu dari kaum pria, sosok inspiratif kali ini datang dari kaum wanita.

Ia adalah Salma Amalia Zakaria yang akrab dipanggil Salma. Sosoknya baru-baru ini santer dibicarakan karena disebut sebagai superwoman oleh TNI AL.

Sebutan itu diberikan untuknya karena ia punya segudang prestasi di berbagai cabang olahraga, terutama cabang renang. Tak tanggung-tanggung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dibuat kagum olehnya.

"Tidak harus kenal, untuk bisa ikutan bangga dan terinspirasi. Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria yang kemarin dilantik Presiden @jokowi sebagai salah satu Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL), bikin saya berdecak kagum dan bersyukur. Mungkin Mba Salma tidak menyadari bahwa saat ini Mba telah menginspirasi banyak perempuan di Indonesia untuk tidak takut mengejar mimpi dan memaksimalkan potensi dirinya. Tidak ada yg tidak bisa. Nothing is impossible," tulis @erickthohir.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Berikut 8 potret Letda Laut Salma Amalia Zakaria yang disebut superwoman TNI AL, seperti dirangkum brilio.net dari berbagi sumber pada Kamis (14/7).

1. Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria merupakan salah satu lulusan Taruni AAL Angkatan ke-66 yang dilantik Presiden Jokowi pada Selasa (13/7).

Letda Salma Superwoman © Twitter

foto: Twitter/@_TNIAL_

2. Salma Amalia Zakaria yang akrab dipanggil Letda Salma ini disebut superwoman karena segudang prestasinya di berbagai cabang olahraga, terutama cabang renang.

Letda Salma Superwoman © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

3. Tercatat 15 medali telah ditorehkan sepanjang karier pendidikannya di AAL.

Letda Salma Superwoman © Instagram

foto: Instagram/@salmazakaria

4. Sepuluh di antaranya merupakan juara pertama.

Letda Salma Superwoman © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

5. Kompetisi yang diikutinya pun bukan sembarang kompetisi. Salah satu juara pertama yang diraihnya adalah kompetisi International Nautical Competition yang dilaksanakan di Karachi, Pakistan pada 2020 lalu.

Letda Salma Superwoman © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

6. Prestasi lain yang diperoleh oleh Letda Salma didapat pada kompetisi Pekan Olahraga TNI AL (Poral) tahun 2018 pada cabang renang gaya dada 100 meter dan renang estafet gaya bebas 4x100 meter.

Letda Salma Superwoman © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

7. Pada Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Piktar) 2019, ia menyabet empat juara pertama sekaligus yakni cabang renang gaya dada 100 meter, renang estafet gaya bebas 4x100 meter, renang gaya dada 50 meter, serta cabang military pentathlon.

Letda Salma Superwoman © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

8. Prestasi lainnya yaitu Bintang Trisakti Wiratama Perak, Dira Trengginas Emas dan Perak karena kesemaptaannya yang baik, serta Ati Tanggon Emas karena kepribadiannya yang baik, Ati Tanggap Perak dan Perunggu karena prestasinya yang baik.

Letda Salma Superwoman © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

"Prestasinya segudang di berbagai cabang olahraga. Dan dari berbagai pilihan profesi, justru ia memilih berbakti untuk bangsa di TNI Angkatan Laut yang menuntut pengorbanan dan keberanian luar biasa, terutama bagi seorang perempuan. Saya pun terharu, melihat betapa Letda Salma begitu berbakti pada orang tua," ucap @erickthohir.

(brl/gib)