Brilio.net - Masih jelas di ingatan, kisah Aria Permana seorang bocah asal Karawang, Jawa Barat yang ramai jadi perbincangan tahun 2016 lalu. Kala itu, Aria yang baru berusia 10 tahun diketahui memiliki berat badan hingga 192 kg. Akibat berat badannya, Aria mengalami kesulitan untuk melakukan beragam aktivitas lainnya.

Pada April 2017, Aria sempat menjalani prosedur operasi lambung untuk mengurangi berat badannya. Dokter pun melarang dirinya agar tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis. Selain itu, Aria pun jadi lebih rajin menjaga pola makannya serta rutin melakukan olahraga.

Rupanya Ade Rai menjadi salah satu orang yang memberikan dukungan pada proses 'penyembuhan' Aria. Lewat akun Instagram pribadinya, Ade menceritakan bagaimana semangat Aria menggapai cita-citanya untuk menjadi pemain bola. Sosok orangtua dan keluarganya juga begitu berperan baginya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ade Rai (@ade_rai) on

"Fitnessmania,
ketika pertama kali bertemu aria di berat hampir 200 kg yang lalu, saya sempat bertanya, “aria, cita-cita nya kalau sudah besar mau jadi apa?”, “mau jadi pemain bola!”.... tidak pernah membayangkan, satu setengah tahun kemudian, bisa menyaksikan aria bermain bola layaknya seperti anak-anak kebanyakan seumurannya... mengingat saat itu, di rumah sakit Hasan Sadikin Bandung ketika saya menjenguknya, sekedar berdiri atau berjalan saja tingkat kesulitannya sudah begitu tinggi... Terus semangat ya aria... jangan berhenti di sini, terus rajin berolahraga dan mengatur pola makan nya ya...

Fitnessmania sekali lagi tidak boleh salah paham .. aria kurus bukan karena saya. Saya hanya ‘cheerleader’ bagi aria untuk mau terus bergerak, itu saja sebenarnya he3 .. Keberhasilan ini murni karena indahnya sebuah kolaborasi dunia KEDOKTERAN (kesembuhan) dan KEBUGARAN (kesehatan) berSUA dalam sebuah kasus OBESITAS ... seorang anak bernama @ariaperrmana91 , usia 10 th dg berat 192kg dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahun menjadi 96 kg...

TANPA semangat aria yang bercita-cita menjadi pemain bola, sehingga mau terus bergerak, dan dukungan serta kecintaan tiada henti orang tua dan keluarga terhadapnya... dan tentunya dukungan moril masyarakat di indonesia, termasuk teman-teman di sosial media... TIDAK memungkinkan hal ini bisa terjadi ya Fitnessmania... Semoga menjadi contoh BAIK bagi kita semua bahwa sebuah ITIKAD mulia dan USAHA yang keras, konsekuensinya selalu sejalan dengan HASIL yang kita harapkan ...," tulis Ade Rai seperti dilansir brilio.net, Rabu (26/12).

Berkat tekad dan kerja kerasnya, Aria kini hanya memiliki bobot tubuh 90 kg. Belakangan, ia juga sering membagikan momen saat dirinya tengah bermain bersama teman-teman seusianya. Salah satunya bermain bola.

Berikut potret perubahan Aria Permana, bocah obesitas 192 kg yang sempat ramai jadi sorotan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (26/12).


1. Penampilan Aria beberapa tahun lalu. Di usianya yang masih cukup belia, dirinya sudah mengalami obsesitas.

perubahan aria permana © 2018 brilio.net

foto: Istimewa



2. Berbagai program dilakukan untuk menurunkan berat badannya, bahkan sampai 83 kg.

perubahan aria permana © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ade_rai



3. Aria juga menjalani operasi lambung untuk mengurangi berat badannya.

perubahan aria permana © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ade_rai



4. Sedikit demi sedikit Aria mengalami penurunan berat badan. Melakukan olahraga dan menjaga pola makannya.

perubahan aria permana © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ade_rai



5. Aria sudah bisa mengenakan pakaian dengan ukuran normal.

perubahan aria permana © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@rwin_kiyutz



6. Dengan tekad dan usaha keras cukup lama, kini Aria bisa sudah dapat melakukan banyak aktivitas.

perubahan aria permana © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ariaperrmana91



7. Tak heran sih, ini bisa disebut 'usaha tidak akan mengkhianati hasil'.

perubahan aria permana © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ariaperrmana91