Brilio.net - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak pernah kehabisan cerita. Meski tengah mendekam di penjara, Ahok tetap menarik perhatian publik dari kisah-kisah hidupnya. Seperti diketahui, Ahok menjadi tersangka dalam kasus penistaan agama dan divonis dua tahun penjara pada 9 Mei 2017 silam. Ia pun harus menjalani hukumannya dengan mendekam di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua.

Selama Ahok resmi di dalam penjara, banyak masyarakat yang penasaran bagaimana kondisi Ahok dan apa saja yang dilakukan oleh Ahok selama di sana. Lalu pada Februari 2018, kabar mengenai Ahok mulai tersebar. Hal ini bermula ketika tim penasihat hukumnya mengajukan permohonan Peninjauan Kembali atau PK ke Mahkamah Agung.

Kabar yang muncul merupakan kabar yang begitu mengejutkan. Pasalnya bahtera rumah tangganya dengan Veronica Tan retak. Hal ini diketahui setelah Ahok melayangkan surat gugatan perceraian terhadap Veronica ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Namun tak hanya itu saja, kisah-kisah Ahok lainnya juga tak kalah menarik untuk diikuti.

Berikut kisah hidup Ahok selama di penjara yang bikin haru dan selalu menarik perhatian publik, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/1).

1. Cerai.

Loading...

7 Kisah hidup Ahok di penjara istimewa

foto: Instagram/@basukibtp

Saat Ahok menggugat cerai Veronica Tan, langsung menjadi berita paling hangat dan menjadi buah bibir masyarakat. Tak hanya orang terdekatnya, pihak yang berseberangan dengan Ahok pun terkejut mendengar pemberitaan tersebut.

Tak ada yang menyangka hubungan rumah tangga pasangan yang dikenal harmonis tersebut harus kandas. Ahok melayangkan surat cerai terhadap pasangan hidupnya selama 20 tahun tersebut melalui pengacaranya pada 5 Januari 2018.

2. Jadi motivator.

Selama mendekam di penjara, tampaknya Ahok tetap beraktivitas positif. Ada saja yang dilakukannya untuk mengisi hari-harinya, misalnya seperti aktif menulis. Bukan cuma itu saja, ayah tiga anak ini pun beberapa kali mengirim buku yang dibubuhi tulisan tangannya. Ahok juga menjadi motivator untuk memberikan semangat kepada seorang mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya.

3. Potong rambut.

Seorang simpatisan Ahok pernah menanyakan perihal bagaimana ia mencukur rambutnya. Pertanyaan itu pun dijawab Ahok melalui goresan tangannya dengan tinta emas di buku yang dipesan simpatisan tersebut. Jawaban Ahok kemudian diunggah tim media sosial ke akun Instagram pribadi Ahok.

Ahok mengungkapkan siapa yang selama ini merapikan rambutnya. Ia mengatakan bahwa ia memiliki tukang cukur langganan di Rutan Mako Brimob Depok. "Saya di sini rambutnya dipotong oleh Pak Kumis yang bisa motong rambut 30-40 Brimob per hari," tulis Ahok.

4. Juru lamar.

7 Kisah hidup Ahok di penjara istimewa

foto: Instagram/@basukibtp

Selama dalam penjara, Ahok memang menerima banyak permintaan masyarakat. Bahkan Ahok menjadi juru lamar untuk seseorang, salah satunya bernama Nico. Ahok pun menyanggupi permintaan tersebut. Di balik jeruji besi Ahok pun menuliskan kata-kata singkat berupa permohonan agar keluarga si perempuan mau menerima lamaran pria tersebut.

5. Balasan surat ucapan ultah.

Menjalani hukuman di penjara selama dua tahun, membuat Ahok pun harus merayakan hari jadinya di balik jeruji besi. Namun para pendukung Ahok tak tinggal diam. Mereka mengirimkan berbagai ucapan selamat serta dukungan kepadanya. Ahok pun hanya bisa membalas semua kebaikan pendukungnya melalui surat. Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mendoakannya selama ini.

6. Terbitkan buku.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Diposting oleh @timbtp • Sekilas liputan tentang launching buku “Kebijakan Ahok” pada 16 Agustus 2018 lalu. Diwakili oleh Ima Mahdiah @ima.mahdiah dari Tim BTP dan putra BTP Nicholas Sean @nachoseann, BTP menceritakan latar belakang dan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan buku Kebijakan Ahok. • Tak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada undangan yang telah menyempatkan hadir dan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara peluncuran buku “Kebijakan Ahok” kemarin. • Untuk yang belum memiliki buku “Kebijakan Ahok” dapatkan segera melalui Whatsapp/SMS Tim BTP +62 812 11666682 atau klik link yang ada di bio instagram ini. Anda juga bisa request ucapan dan juga tanda tangan asli langsung dari BTP lho! • Salam BTP!

Sebuah kiriman dibagikan oleh Basuki T Purnama (@basukibtp) pada

Hari-hari Ahok di penjara juga digunakan untuk menulis buku. Tulisan-tulisannya itu akhirnya dituangkan dalam satu buku berjudul 'Kebijakan Ahok'. Buku itu pun diterbitkan oleh PT Basuki Solusi Konsultindo yang resmi dilaunching di Gedung Filateli, Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada 16 Agustus 2018. Buku tersebut berisikan perjalanan Ahok dalam memutuskan berbagai kebijakan strategi di Pemprov DKI Jakarta saat masih menjadi gubernur.

7. Temukan tambatan hati.

7 Kisah hidup Ahok di penjara istimewa

foto: Instagram/@basukibtp

Kabar yang tak kalah mengejutkan adalah Ahok menemukan tambatan hatinya. Kabarnya pula ia akan segera menikah setelah keluar dari penjara. Ahok diketahui jatuh hati pada seorang Polwan yang akrab dengan sapaan Bripda Puput. Kabarnya Polwan tersebut dulu menjadi ajudan Veronica Tan selama masih menjadi istri Gubernur DKI Jakarta.

Polwan berusia 21 tahun tersebut dikabarkan kerap mengantarkan makanan ke Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok untuk Ahok. Makanan itu merupakan kiriman dari Veronica.