Brilio.net - Sebagai orang nomor satu di sebuah negara, segala tingkah laku seorang presiden pastinya akan menjadi sorotan publik. Tak terkecuali presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi.

Tidak hanya tingkah laku, bahkan gaya berbusana Presiden Jokowi pun juga kerap menjadi perbincangan. Mulai dari penampilannya saat memakai baju kotak-kotak, sarung, jaket boomber, hingga celana jeans. Semua fashion item tersebut pernah viral dan jadi tren di berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

Terlepas dari pakaian yang kerap dipakai dalam kehidupan sehari-hari, beberapa kali Jokowi juga terlihat memakai pakaian adat di berbagai acara. Tidak hanya pakaian adat dari sukunya, melainkan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Seperti apa penampilan Jokowi saat memakai pakaian adat itu? Berikut brilio.net rangkum deretan protretnya dari berbagai sumber, Sabtu (9/2).

1. Baju adat Batak Toba.

baju adat jokowi instagram
foto: merdeka.com

Saat acara karnaval Danau Toba di Kabupaten Balige, Sumatera Utara pada Agustus 2016, Jokowi menyesuaikan penampilannya dengan memakai baju adat masyarakat sekitar, yaitu baju adat Batak Toba.


2. Baju adat Sulawesi.

baju adat jokowi instagram
foto: liputan6.com

Presiden Jokowi tampil beda pada Sidang MPR 2017. Ia mengenakan baju adat Sulawesi, khususnya suku Bugis. Sementara istrinya memakai baju adat Bali.


3. Baju adat Minangkabau.

baju adat jokowi instagram
foto: liputan6.com

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Minangkabau dengan dominasi warna hitam dan merah jambu saat menghadiri upacara HUT RI ke-73 di Istana Negara tahun 2018.


4. Baju adat Nias.

baju adat jokowi instagram
foto: Twitter/@jokowi

Baju adat khas Nias juga dikenakan presiden Jokowi saat berkunjung ke Nias, Sumatera Utara pada Agustus 2016. Dalam akun Twitter-nya @jokowi, ia menuliskan, "Saya dan Ibu Iriana mengenakan baju daerah Nias. Warnanya mentereng banget. Keren nggak?".


5. Baju adat Maluku.

baju adat jokowi instagram
foto: Facebook.com

Kenakan pakaian adat Maluku pada tahun 2017 saat melakukan kunjungan ke Maluku, Jokowi sempat mendapat berbagai tanggapan dari warganet. Ada yang mengatakan mirip pastor, ada yang mengatakan seperti tengah mengenakan baju Natal. Meski begitu, Presiden Jokowi tetap terlihat santai dengan penampilannya.


6. Baju adat Jawa.

baju adat jokowi instagram
foto: Instagram/@jokowi

Foto ini diambil ketika Presiden Jokowi tengah mengikuti Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN 2018 di Alun-alun Kabupaten Sumenep, Madura. Tampak serasi ya, dengan ibu Iriana?


7. Baju adat Sunda.

baju adat jokowi Biro Pers Setpres

foto: Biro Pers Setpres

Dalam acara peninjauan alun-alun Cianjur, Jumat (8/2), Jokowi tampak mengenakan baju adat Sunda, khas dengan ikat kepala.

"Saya sudah lama 'dikejar-kejar' Pak Bupati. Saya tanya, alun-alunnya kayak apa sih? Saya diberikan gambar, ini Pak gambarnya. Saya buka, wah wah bagus dan cantik betul," kata Jokowi sebagaimana unggahan akun Instagram @kantorstafpresidenri.