Brilio.net - Sebagai istri orang nomor satu di Indonesia, sudah sewajarnya setiap gerak-gerik Iriana Jokowi tak pernah lepas dari sorotan publik. Mulai dari aktivitas sehari-harinya maupun gaya fashionnya saat mendampingi Presiden Joko Widodo di berbagai kesempatan.

"Di balik kesuksesan seorang pria, ada sosok wanita yang hebat". Ungkapan tersebut tampaknya layak untuk menggambarkan sosok Iriana. Nyatanya ia selalu senantiasa mendukung dan mendampingi Jokowi dalam keadaan apapun.

Tak jauh berbeda dengan Jokowi, sosok Iriana telah menjadi idola rakyat. Sikapnya yang rendah hati dan ramah tak ayal membuat dirinya dikagumi. Terlebih, kesederhanaan itu menginspirasi dan membuatnya menjadi panutan.

Meski menyandang status sebagai Ibu Negara, pada kenyataannya tidak membuat banyak gaya hidupnya berubah. Misalnya, tanpa canggung ibu 3 anak itu masih kerap melakukan aktivitas seperti kebanyakan wanita pada umumnya.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, deretan potret kesederhanaan Iriana yang dekat dengan benda sehari-hari, Selasa (19/2).

Loading...

1. Beli es jeruk.

iriana benda sehari-hari © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bahrun.najach

Di tengah-tengah kesibukannya, Presiden Jokowi memang selalu menyempatkan untuk berkumpul dengan keluarga saat berada di Solo. Salah satunya adalah menyantap Soto Gading yang merupakan kuliner khas Kota Solo.

Namun di balik cerita kumpul keluarga, momen Iriana membawa minuman dalam bungkus plastik rupanya ramai jadi perbincangan. Dalam momen itu, Iriana menenteng es jeruk dibungkus plastik.

2. Gendongan bayi tradisional.

iriana benda sehari-hari © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Beberapa jam menjelang debat capres putaran kedua, Jokowi memanfaatkan akhir pekan dengan mengajak Iriana, Kahiyang Ayu, dan cucunya Sedah Mirah makan siang di rumah makan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selama makan siang, Sedah Mirah tampaknya begitu nyaman berada digendong sang nenek. Iriana menggendong mengenakan kain gendong tradisional. Ya, meski mulai banyaknya bermunculan inovasi gendongan bayi, Iriana memilih memakai jarik tradisional.

3. Beli kerak telor dan cilok di pinggir jalan.

iriana benda sehari-hari © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Mengunjungi program Membina Ekonomi Sejahtera (Mekar) di Jakarta Timur beberapa waktu lalu, Jokowi beserta Iriana tampak santai menikmati jajanan di sana. Mulai dari cilok hingga kerak telor seharga Rp 50 ribu.

4. Menyapu rumah.

iriana benda sehari-hari © 2019 brilio.net

foto: YouTube/Kaesang

Sebelum Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution, Kaesang sempat mengunggah video ke akun channel YouTube-nya. Dalam video tersebut, terlihat perbincangan manis sesi tanya jawab ketiganya.

Namun di tengah-tengah video, sosok Iriana rupanya berhasil mencuri perhatian publik. Saat diminta untuk bergabung, Iriana malah menolak dan menyebutkan dirinya ingin menyapu rumah. "Aku arep nyapu (Aku mau menyapu)," ujarnya.

5. Boncengan pakai motor.

iriana benda sehari-hari © 2019 brilio.net

foto: Biro Pers Setpres

Membahas romansa Jokowi dan Iriana memang selalu menarik. Meski telah menikah puluhan tahun lamanya, tak membuat keromantisan keduanya hilang begitu saja.

Sekitar April 2018 lalu, Iriana dan Jokowi berkunjung ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Jokowi terlihat mengajak sang istri berboncangan memakai sepeda motor matik sambil menyapa warga di sana.

Selain busana, keduanya juga kompak memakai helm sederhana berwarna putih. Sebelum memakai helm, Iriana terlebih dahulu memindah scarf dari lehernya ke kepala.