Brilio.net - Sisa hitungan jam lagi, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama resmi bebas. Ahok divonis masa penjara selama 2 tahun karena kasus penistaan agama sejak 9 Mei 2017. Dikurangi dengan remisi 3,5 bulan, hingga saat ini Ahok sudah ditahan hampir 21 bulan lamanya di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Ahok akan resmi menghirup udara segar pada Kamis, (24/1).

Dilansir brilio.net dari Antara, menurut Yasonna, selaku menteri Hukum dan HAM, dari prosedur administrasi pembebasan Basuki Tjahaja Purnama, Yasonna belum mengetahui jam berapa tepatnya Ahok akan resmi bebas.  

Meskipun Ahok berada dalam penjara, dirinya kerap memberikan kabar kepada para pendukungnya. Seperti yang diketahui baru-baru ini Ahok sempat menuliskan sebuah surat kepada para pendukungnya. Surat itu berisi ucapan terima kasih kepada pendukungnya yang selalu memberikan support padanya selama ini.

Ahok memang memiliki banyak pendukung. Bahkan kisahnya diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Ahok dinilai sebagai pria sejati yang siap bertanggungjawab. Nama Ahok menjadi semakin populer sejak menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta pada waktu itu. Memiliki nama asli Basuki Tjahaja Purnama, namun dirinya justru sering dipanggil dengan panggilan Ahok.

Nama panggilan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak hanya Ahok saja, melainkan masih ada 4 nama panggilan lainnya. Apa saja itu? brilio.net rangkum dari berbagai sumber nama-nama panggilan Ahok, Kamis (24/1).

Loading...

1. Ban Hok.

nama panggilan Ahok instagram

foto: Instagram/@save.ahok

Saat masih kecil, Ahok memiliki nama panggilan Ban Hok. Ban memiliki arti puluhan ribu, sedangkan Hok berarti belajar. Jadi nama Ban Hok memiliki arti puluhan ribu belajar, orangtua Ahok berharap agar dirinya mau belajar terus menerus hingga puluhan ribu kali.  

2. Ahok.

nama panggilan Ahok instagram

foto: Instagram/@basukibtp

Ketika Ahok tinggal di kampungnya, nama Ban Hok diganti dengan huruf depan 'A', hingga berubah menjadi Ahok. Bagi Ahok namanya memiliki hoki sendiri. Selain itu juga nama Ahok mengandung banyak harapan dari ayahnya. "Setiap keluarga keturunan Tionghoa dikasih nama panggilan oleh ayahnya sebagai tanda harapan," kata Ahok dilansir dari Merdeka.

3. Basuki.

nama panggilan Ahok instagram

foto: Instagram/@basukibtp

Basuki merupakan nama aslinya. Meskipun ia sudah mendapatkan panggilan Ahok sejak kecil, akan tetapi saat Ahok mulai sekolah, dirinya dipanggil menggunakan nama depannya yakni Basuki. Meskipun setelah lulus sekolah, ia kembali dipanggil dengan nama Ahok kembali.

4. Basuki Indra.

nama panggilan Ahok instagram

Setelah lulus lulus SD, ketika Ahok masuk SMP namanya berubah menjadi Basuki Indra. Indra adalah nama ayah Ahok.  "Karena kan orang Melayu sukanya begitu. Kalau bapaknya Indra, nama anaknya jadi Basuki Indra. Ditulislah di buku rapor Basuki Indra," jelas Ahok seperti lansiran dari Liputan6.

5. BTP.

nama panggilan Ahok instagram

foto: YouTube/@Panggil Saya BTP

Keluar dari penjara, Ahok ingin dipanggil dengan nama panggilan BTP. BTP adalah nama panggilan Ahok sejak kecil. Rencana perubahan namanya disiarkan secara langsung di akun YouTube resminya. Akun Instagram resmi yang dikelola oleh para pendukung Ahok juga menyematkan pengumuman akan perubahan nama Ahok menjadi BTP.