Brilio.net - Pada Rabu (14/7) kemarin, Presiden Joko Widodo melantik perwira remaja TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri. Acara itu digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, pukul 08.00 WIB.

Upacara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat karena situasi pandemi Covid-19. Hanya penerima Adhi Makayasa saja yang hadir langsung dalam pelantikan ini, sementara perwira lainnya mengikuti upacara secara virtual.

Jokowi melantik 227 perwira remaja lulusan Akademi Militer (Akmil), 101 perwira muda lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL), 91 perwira remaja Akademi Angkatan Udara (AAU), serta 281 perwira remaja lulusan Akademi Kepolisian (Akpol).

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan untuk lulusan terbaik dari setiap matra TNI (darat, laut, udara) dan Polri.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Hebatnya lagi, dua di antara perwira tersebut berasal dari kalangan keluarga sederhana. Simak ulasannya dalam 4 Perwira TNI-Polri peraih Adhi Makayasa 2021, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (15/7).

1. Lulusan terbaik AAL.

4 Perwira TNI-Polri Adhi Makayasa 2021 © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

Letda Laut (P) Always Giving Hamonangan Tiris terlahir dari pasangan keluarga yang sederhana. Ia adalah anak dari seorang juru parkir. Namun kondisi keluarganya itu tak menyurutkan semangatnya untuk selalu berprestasi.

Ayahnya, Alex Tiris, sehari-hari bekerja sebagai juru parkir di Papua. Sementara ibunya, Dermawaty Panjaitan menjadi penjual makanan dan minuman di rumah.

Pria kelahiran Jayapura, 15 Maret 1999 itu menyadari bahwa semua kebanggaan yang didapatkannya adalah atas kerja keras dan dukungan penuh kedua orang tuanya sehingga tidak mengherankan keberhasilan yang sama juga ditunjukkan oleh kakak tertuanya, Letda Marinir Aldrey Benhur Tiris yang juga merupakan lulusan AAL Angkatan ke-63.

"Bersyukur. Bahagia juga setelah empat tahun akhirnya bisa lulus dengan baik. Untuk lain-lainnya kami merasa agak kurang juga, karena tidak bisa bersama rekan-rekan. Tapi kami yakin rekan kami juga mengerti, juga penuh semangat dan bahagia," ujar Always seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

2. Lulusan terbaik AAU.

4 Perwira TNI-Polri Adhi Makayasa 2021 © Instagram

foto: Instagram/@militer.udara

Tak kalah luar biasa, lulusan terbaik AAU diberikan kepada Letda Lek Laode Abdul Muis. Ia merupakan penerima Adhi Makayasa asal Buton Sulawesi Tenggara.

"Anak nelayan asal Buton Sulawesi Tenggara ini, lahir di Larisa Buton, pada 13 Maret 1999. Anak pertama dari empat bersaudara ini, merupakan putra dari pasangan Drs. Samadin (Alm) dan Wa Ode Hasrida," seperti dikutip brilio.net dari akun Instagram TNI AU.

"Untuk mencapai Adhi Makayasa ini tentunya ada tahapan yang harus kita lakukan. Contoh kecil, memberikan segala upaya yang terbaik di setiap kegiatan. Karena kita tidak pernah tahu kapan kita dinilai," ujar Laode.

3. Lulusan terbaik Akmil AD.

4 Perwira TNI-Polri Adhi Makayasa 2021 © YouTube

foto: YouTube/BatakNesia Channel

Peraih penghargaan Adhi Makayasa 2021 dari matra Angkatan Darat adalah Letda Septian Haryono Pasaribu. Putra dari pasangan Parlindungan Pasaribu dan Rusdiana Panjaitan ini adalah anak ketiga dari empat bersaudara.

Cita-cita Septian agar bisa menjadi seorang tentara sudah muncul sejak ia duduk di bangku SMA. Septian dulunya mengenyam pendidikan di SMAN 2 Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Berprestasi, Septian kerap mendapatkan peringkat lima besar.

"Adhi Makayasa memang lulusan terbaik. Tapi memang jadi yang terbaik itu pengakuan dari rekan-rekan semua. Jadi kalau mau jadi terbaik itu tidak perlu ngotot, itu hanya bonus dari melakukan yang terbaik," ucapnya.

4. Lulusan terbaik Akpol.

4 Perwira TNI-Polri Adhi Makayasa 2021 © Instagram

foto: Instagram/@haryindradjati

Ipda Hary Indradjati menjadi lulusan terbaik dari Akademi Kepolisian. Ia merupakan putra dari Ahmad Syafei yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dishub Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Semenjak lulus dari SMA Taruna, Magelang, Hary mencoba mendaftar ke STAN dan Akpol. Sang ayah awalnya menyarankan untuk masuk STAN jurusan Bea Cukai. Namun keputusan kembali pada Hary yang memilih masuk Akpol.

"Terimakasih atas doa dan dukungan Bapak, Ibu, Kakak, seluruh saudara, kerabat keluarga serta rekan-rekan. Semoga pencapain ini menjadi salah satu kado terbaik untuk Ulang Tahun kakak @iqbalariefpangestu. Mohon doanya untuk bisa mengemban amanah yang dipercayakan Bangsa dan Negara kepada kami, Akademi Kepolisian Angkatan 2021," tulis Hary.

Tak berhenti di situ, selain meraih Adhi Makayasa, Ipda Hary juga meraih tiga penghargaan lain, yakni Ati Tanggap Emas, Ati Tanggon Perunggu, serta Karya Wira Nugraha Perunggu.

(brl/pep)