Brilio.net - Menjadi seseorang yang kaya raya dan sukses pastinya diinginkan oleh hampir setiap orang. Nggak heran, orang akan melakukan apapun untuk mendapatkan kekayaan. Berkat kerja keras dan cerdas, siapapun pasti bisa memeroleh kekayaan yang diinginkan.

Tahukah kamu, bukan hanya laki-laki yang mampu menjadi seorang jutawan atau miliarder. Sosok perempuan atau wanita juga mampu sejajar dengan para laki-laki. Deretan wanita ini berhasil masuk dalam jajaran wanita terkaya di dunia pada tahun 2019.

Bukan hanya dari benua barat, ternyata ada wanita Asia yang berhasil masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia versi 2019. Mereka memiliki harta hingga miliaran dolar Amerika Serikat atau triliun rupiah. Selain itu, warisan dari keluarga juga memberikan andil besar dalam suksesnya para wanita terkaya di dunia.

Siapa saja wanita yang berhasil masuk dalam daftar 10 besar? Langsung saja simak daftar wanita terkaya di dunia pada tahun 2019 dihimpun brilio.net dari Finances Online, Kamis (29/8).

1. Iris Fontbona.

Loading...

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Finances Online

Sebagian kekayaannya berasal dari perusahaan pertambangan bernama Antofagasta di Chili. Iris mendapat kekayaan dari warisan mendiang suami, Andronico Luksic. Tak hanya itu, ia juga mengurusi bisnis lain di bidang perbankan, pembuatan bir, hingga perusahaan kapal. Diperkirakan kekayaan Iris Fontbona ini sekitar USD 14,5 miliar atau Rp 206 triliun.

2. Gina Rinehart.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@resilientmediaentertainment

Gina memiliki bisnis utama di bidang pertambangan bijih besi yang awalnya didirikan oleh ayahnya. Gina bukanlah pewaris dari kekayaan ayahnya, namun ketika ayahnya meninggal, perusahaan itu diambang kebangkrutan.

Gina berusaha mempertahankan perusahaan peninggalan ayahnya. Ia pun berhasil membangun kembali perusahaan tersebut. Setelah sukses mengambil alih perusahaan, Gina dikenal sebagai miliader yang mandiri.

Sampai sekarang, Gina masih aktif mengembangkan bisnisnya dan berkeliling dunia dengan jet pribadinya yang bernilai USD 80 juta atau Rp 1,1 triliun. Kekayaannya saat ini bernilai USD 15,5 miliar atau Rp 220 triliun.

3. Charlene de Carvalho.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Finances Online

Charlene de Carvalho-Heineken diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 15,8 miliar atau Rp 225 triliun. Ia merupakan satu-satunya pewaris kekayaan Heineken International. Charlene mewarisi 25 persen saham perusahaan pembuatan bir terbesar kedua di dunia.

Bukan cuma pewaris saham, ia juga menjabat sebagai direktur eksekutif Heineken. Ia menjadi pengusaha terkaya di Belanda.

4. Abigail Johnson.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@inlightfinance

Abigail menjadi wanita terkuat di bidang keuangan setelah mengambil alih posisi ketua Fidelity Invesment. Ia menjadi ketua dari salah satu perusahaan jasa keuangan terkemuka di Amerika.

Meski industri keuangan didominasi kaum pria, Abigail berhasil membuktikan bahwa perempuan bisa mengambil bagian di bidang tersebut. Diketahui ia memiliki kekayaan sekitar USD 6,9 miliar atau Rp 98 triliun .

5. Susan Klatten.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@knowtheirworth

Wanita kelahiran Jerman, Susan Klatten merupakan pemegang saham terbesar kedua di perusahaan BMW. Saham terbesar dimiliki oleh saudaranya,  Stefan Quandt.

Selain saham dari perusahaan BMW, Susan juga sebagai pemilik tunggal perusahaan farmasi bernama Altana AG yang didirikan oleh kakeknya. Perusahaan itu menghasilkan USD 2,5 juta atau Rp 35 miliar dan Susan diperkirakan memiliki total kekayaan USD 19,6 miliar atau Rp 279 triliun.

6. Laurene Powell Jobs.

-foto: Instagram/@brigittelacombe

Laurene Powell Jobs mewarisi kekayaan suaminya yang meninggal di usia 56 tahun. Namun ia juga mendirikan sebuah organisasi yang berbasis di California. Organisasi tersebut bergerak di bidang advokasi perubahan sosial.

Laurene Powell memiliki kekayaan yang diperoleh dari perusahaan suaminya. Jumlah kekayaan Laurene ditaksir mencapai USD 20,6 miliar atau Rp 293 triliun.

7. Yang Huiyan.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lucciole_per_lanterne

Yang Huiyan menjadi wanita terkaya di Cina selama enam tahun berturut-turut. Meski kini dia berusia 37 tahun ia juga merupakan ketua real bisnis pengembangan perkebunan, Country Garden Holdings. Ia mewarisi kekayaan sang ayah yang memberikan 70 persen saham atas namanya dan menjadikan dia salah satu wanita terkaya China di usia ke 25 tahun. Ia juga memiliki perusahaan yang mengurusi sekolah internasional di China. Kekayaannya kini mencapai USD 22,4 miliar atau Rp 319 triliun.

8. Jacqueline Mars.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ccapybara

Jacqueline merupakan pewaris perusahaan, Mars Inc. Ia memiliki sepertiga dari perusahaan itu. Selain sebagai pewaris perusahaan permen terkenal di dunia, ia juga pemilik beberapa kuda yang paling terkenal di Amerika. Saat ini kekayaannya ditaksir sekitar USD 27 miliar atau Rp 384 triliun.

9. Alice Walton.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@alices_walton

Alice memiliki kekayaan yang sangat besar sekitar USD 46,4 miliar atau Rp 661 triliun. Dia merupakan anak bungsu dan satu-satunya anak perempuan pendiri Walmart, Sam Walton.

Alice adalah co-manager Walton Enterprises yang merupakan salah satu perusahaan terbesar keluarga. Pada tahun 2011, ia juga membuka museum di Amerika Serikat, Crystal Bridges Museum of American Art.

10. Francoise Bettencourt.

Wanita terkaya 2019 © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@francoise.bettmeyers

Francoise merupakan pemilik dari saham di L'Oreal setelah meninggalnya ibunya Lilliane Bettencourt. Ia juga sebagai presiden perusahaan yayasan Bettencourt Schuller.

Meski sibuk sebagai pengusaha ia juga merupakan penulis karya mitologi Yunani dan sastra tentang hubungan Yahudi-Kristen. Kekayaan yang dimiliki Francoise diperkirakan mencapai USD 53,2 miliar atau Rp 756 triliun.