Brilio.net - Perkumpulan Pelajar Indonesia (PPI) Bursa, Turki bekerjasama dengan kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Turki, Konsulat Jendral RI Istanbul dan Universitas Uluda, pada Selasa (27/4) menyelenggarakan acara memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat di kota Bursa, Turki. Acara yang bertajuk Endonezya ile Bir Gün (satu hari bersama Indonesia) ini berlangsung di graha budaya Prof. Dr. Mete Cengiz, Bursa, Turki dan dihadiri oleh lebih dari 800 penonton.

Ainun Nuha Al-Farisi, mahasiswa Indonesia di Turki, menjelaskan pengunjung membeludak di acara pameran tersebut. Pengunjung bisa menikmati masakan Indonesia yang sengaja disuguhkan kepada masyarakat Turki.

"Makanan kalian sedikit pedas tapi enak, saya suka," kata seorang mahasiswa Turki yang berkomentar setelah makan bakmi goreng.

PPI Turki © 2016 brilio.net

Acara yang telah dipersiapkan selama 2 bulan ini mampu membuat penonton terkesima dimulai dari kolaborasi musik tradisional Indonesia-Turki, pembacaan Alquran lalu pengenalan negara Indonesia melalui video dan slide, disambung fashion show pakaian adat Indonesia yang diperagakan mahasiswa Internasional.

Tak cuma itu, PPI Bursa juga menampilkan tarian perang khas Kalimantan dan tarian Rama-Shinta dalam kisah Ramayana. Setelah itu dilanjutkan dengan pertunjukan musik Bengawan Solo yang dibumbui dengan angklung menambah riuh penonton.

PPI Turki © 2016 brilio.net

"Acaranya sangat bagus, saya siap dukung penuh jika kalian buat acara ini lagi tahun depan," komentar Rektor Uluda Üniversitesi, Prof. Dr. Yusuf Ulcay yang ikut hadir duduk bersebelahan dengan Dubes Indonesia, Wardana.