Brilio.net - Wabah Virus Corona masih menjadi perhatian publik, khususnya Indonesia. Sejak adanya pasien pertama yang diumumkan pemerintah pada Senin (2/3) lalu, jumlah pasien masih terus bertambah. Namun jangan sampai hal itu membuatmu jadi panik. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi penyebaran Corona. Salah satu yang dianjurkan pemerintah adalah dengan menjaga jarak atau social distance.

Menjaga asupan makanan juga disarankan agar kamu tetap memiliki daya tahan tubuh yang baik. Selain itu, mencuci tangan masih menjadi hal yang dianggap cukup efektif untuk memperlambat penyebaran Virus Corona. Maka dari itu penting untuk kamu agar selalu memastikan kebersihan tangan. Hal ini dikarenakan tangan menjadi salah satu organ yang kerap bersentuhan dengan berbagai macam benda. Sehingga akan sangat rentan jika tertempel virus atau bakteri lainnya.

Penting untuk diketahui, Virus Corona bisa menyerang siapa saja. Anak-anak hingga orang dewasa berkemungkinan untuk terjangkit virus ini. Namun tahukah kamu jika virus ini rupanya lebih rentan menjangkit orangtua? Maka penting untuk kamu mengetahui beberapa langkah untuk mengantisipasinya.

Meskipun masih terus dalam penelitian, namun tak ada salahnya untuk kamu memberikan informasi agar orangtua terhindar dari Virus Corona atau COVID-19 itu.

Nah, berikut beberapa saran yang diberikan dua ahli kesehatan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), seperti dilansir brilio.net dari edition.cnn.com pada Selasa (17/3).


1. Bagaimana tingkat risikonya?

foto: pixabay.com



CDC mengungkapkan orangtua atau orang dengan penyakit kronis lebih berkemungkinan untuk terjangkit virus COVID-19. Para ahli penyakit menular mendefinisikan orangtua dengan usia 60 tahun lebih, menjadi orang dengan kelompok usia yang harus lebih berhati-hati dengan virus baru itu.

Direktur Geriatrics untuk sistem kesehatan dari universitas jaringan kesehatan di Toronto mengatakan, bisa jadi, penyebab mereka tertular diduga besar dari orang-orang yang lebih muda. Hal ini yang membuat orangtua rentan terkena COVID-19 karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang kuat. Maka dari itu penting untuk orang dengan usia lanjut agar lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya.

Sebuah laporan yang diterbitkan jurnal medis JAMA, langsung meneliti lebih dari 72.000 pasien Virus Corona di China. Mereka menemukan tingkat kematian secara keseluruhan adalah 2,3%. Namun pada orang dewasa dengan usia di atas 80 tahun tingkat kematiannya meningkat menjadi 15%.


2. Apa tindakan yang harus diambil?

Loading...

foto: pixabay.com



Meskipun risiko virus Corona akan lebih besar menyerang orang dengan lanjut usia, bukan berarti untuk kamu yang lebih muda bisa menyepelekannya. Jika kamu berada di lingkungan yang rentan dengan COVID-19, maka kamu perlu mengambil tindakan yang tepat.

Seorang profesor di Divisi Geriatrik dari Departemen Kedokteran Universitas California San Fransisco, Dr Carla Perissinotto, menyarankan untuk membatalkan semua janji yang tidak penting.

Ia mengatakan pembatalan tersebut termasuk pertemuan dengan dokter baik untuk pemeriksaan standar atau beberapa prosedur pilihan. Perissinotto mengutarakan sebisa mungkin lebih baik menunggu terlebih dahulu. Namun, kalau kamu memiliki pertemuan yang sangat harus dilakukan, maka lebih baik memanfaatkan fitur panggilan video dari gadget yang kamu punya.

Jangan lupa juga, beri tahu teman atau tetangga yang berisiko terjangkit Virus Corona. Simpan juga nomor-nomor penting yang bisa digunakan sebagai kontak darurat. Hal ini bisa kamu lakukan sebagai salah satu bentuk antisipasi dalam menghadapi Corona.

Sementara itu, kamu bisa terus menjaga kebersihan, terutama pada tangan. Bersihkan tangan secara tepat dengan menggunakan sabun. Namun jika tidak ada kamu bisa menggunakan cairan pembersih tangan sebagai pilihan lain.


3. Apa keperluan yang harus disiapkan?

foto: pixabay.com



Selain menjaga kesehatan, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa barang selama wabah Corona. Tapi lakukan semuanya dengan tenang ya. Tidak perlu dilakukan secara panik dan juga berlebihan.

CDC merekomendasikan kamu untuk menyimpan beberapa bahan makanan terutama yang tahan dalam waktu yang cukup panjang. Perlengkapan mandi seperti pasta gigi dan detergen pakaian. Membuat makanan yang dibekukan juga bisa jadi salah satu opsi untuk menyimpan persiapan makanan.


4. Bagaimana mengubah pola hidup sehari-hari?

foto: unsplash.com



Untuk meminimalisir penyebaran Virus Corona pada orangtua memang perlu usaha lebih. CDC menyarankan agar orangtua menghindari tempat umum, di mana orang-orang banyak berkumpul.

Tempat seperti itu memiliki risiko penularan yang lebih tinggi. Selain itu, penting juga untuk orangtua agar selalu berolahraga. Kesehatan untuk orang dengan usia lanjut juga bisa didukung dengan pemilihan asupan makanan yang tepat.

2 dari 2 halaman



5. Apa yang dibutuhkan untuk mengisolasi diri?

foto: unsplash.com



Orang yang berada di lingkungan risiko Corona, disarankan untuk tidak melakukan terlalu banyak aktivitas di luar rumah. Mengisolasi diri kerap kita dengar dan dilakukan beberapa orang. Hal tersebut bisa kamu lakukan namun jangan secara berlebihan.

Menjaga kontak sosial adalah sesuatu yang dianjurkan. Namun bukan berarti kamu lantas memutus kontak dan mengurung diri. Sebaiknya kamu tidak memutus komunikasi dengan keluarga atau tetangga untuk terus memperbarui informasi.

Dengan tidak memutus komunikasi, bisa menghindarkan diri dari rasa stres. Namun jangan lupa, cuci tangan hingga bersih ketika kamu selesai berinteraksi dengan lingkungan luar. Ingat, menjaga kebersihan diri sendiri itu tetap yang paling utama.


6. Apa yang bisa dilakukan keluarga terdekat?

foto: unsplash.com



Untuk membantu orangtua yang rentan dengan Virus Corona, perlu adanya dukungan dan bantuan dari keluarga terdekat. Pertama, pastikan mereka memiliki persediaan barang yang diperlukan. Pastikan juga ada orang atau pihak yang bisa merawat mereka jika terkena Corona.

Selain itu, jika orangtua juga memerlukan bantuan medis, persiapkan juga bantuan agar mereka bisa mengakses dokter dengan lebih mudah. Dan yang tidak kalah penting, keluarga yang sedang sakit tidak boleh mendekat agar tidak menulari penyakit yang lain.


7. Apa yang perlu dilakukan jika sudah terlanjur sakit?

foto: unsplash.com



Jika ada salah satu keluarga kamu yang sudah terlanjur sakit, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi dokter. Jika diperlukan untuk pergi ke rumah sakit, sebaiknya hindari interaksi dengan orang lain dan lebih baik tidak menggunakan transportasi umum.

Kamu juga bisa menghubungi hotline untuk Virus Corona. Beberapa daerah memiliki kontak yang khusus menangani Virus Corona. Kontak tersebut dapat memberikan informasi yang kamu perlukan mengenai COVID-19.