Brilio.net - Dengan datangnya musim hujan pada awal November ini, tentu membuat beberapa aliran sungai di Indonesia mengalami aliran yang deras. Beberapa darinya ada kondisi airnya keruh berwarna cokelat. Namun yang terjadi di kawasan wisata air terjun Sedudo, Nganjuk ini berbeda. Warna air yang dikeluarkan ialah berwarna hitam.

Fenomena air terjun berwarna hitam ini sempat menghebohkan warganet. Belum adanya penjelasan dari petugas maupun pihak yang berwenang membuat banyak berita simpang siur di media sosial. Salah satunya adalah grup WhatsApp (WA).

Seperti yang diunggah oleh akun Twitter @olim_carolina, pada berita yang tersebar di grup WA yang ia unggah tangkapan layarnya disebutkan, air terjun itu disebut bercampur dengan pasir. Pasirlah yang membuat warna air terjun menjadi hitam pekat.

air terjun nganjuk hitam © Twitter-foto: Twitter/@olim_carolina

Banyak juga yang menyebutkan dengan berubahnya warna air terjun Sedudo, kejadian buruk akan datang. Salah satu yang disebutkan warganet ialah tanah longsor di sekitar wilayah air terjun itu.

Loading...

Video menghitamnya air terjun Sedudo viral di media sosial beberapa hari belakangan. Seperti yang diunggah oleh akun @HoofdbureauID ini. Video berdurasi satu menit 52 detik tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 3000 kali.

Namun kekhawatiran warganet soal menghitamnya air terjun tersebut langsung direspons cepat oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB). Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitter-nya mengatakan kalau air terjun Sedudo menghitam bukanlah aliran pasir.

Tetapi air tersebut membawa material abu bekas kebakaran hutan pada kemarau sebelumnya. Hujan yang belakangan memang sering turun menghanyutkan material kebakaran hutan tersebut. Sehingga air terjun itu berubah menjadi warna hitam. Sutopo juga menambahkan kejadian tersebut tidak lama, hanya sesaat saja.

air terjun nganjuk hitam © Twitter-foto: Twitter/@Sutopo_PN

"Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya. Hujan dibagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat," tulisnya seperti brilio.net lansir pada Rabu (14/11).