Brilio.net - Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10) menjadi duka mendalam bagi keluarga dan rekan-rekan korban. Pesawat yang dikemudikan oleh pilot Bhavye Suneja dan copilot Harvino itu jatuh di perairan Karawang dengan membawa 178 penumpang dewasa, 1 anak-anak, dan 2 bayi.

Ucapan belasungkawa pun mengalir deras tidak hanya dari kerabat dekat, melainkan juga dari seluruh masyarakat Indonesia yang turut merasakan kesedihan keluarga para korban pesawat nahas itu.

Salah satu ucapan sekaligus bentuk penghormatan yang berhasil viral di dunia maya datang dari akun YouTube pilot senior Lion Air sekaligus vlogger, Edward F. Limbong. Hingga artikel ini ditulis, ucapan yang berbentuk video dengan judul "FLY AWAY WITH SFO HARVINO" ini telah ditonton nyaris 1 juta viewers dan berhasil menduduki jajaran trending ke-27 pada Jumat (2/11).

Pada awal video tersebut, pilot Limbong menuliskan, "LAST FLIGHT WITH SFO HARVINO, DIA ADALAH PILOT YANG SOLEH". Kemudian muncul tulisan yang menginformasikan bahwa hari itu, Senin (29/10) bukanlah jadwal asli copilot Harvino. Seharusnya pagi itu Harvino melakukan penerbangan ke Malang dengan JT 812. Namun perubahan jadwal terjadi dan akhirnya Harvino harus terbang bersama JT 610 yang kemudian mengalami kecelakaan di perairan Karawang.

Loading...

Video itu berisikan perjalanan terakhir Limbong terbang bersama Harvino pada kisaran tiga hingga empat bulan yang lalu. Di awal penerbangan, Limbung menyapa penonton dan menepuk bahu Harvino. Harvino pun tersenyum dan mengacungkan jempol. Keduanya terlihat nampak santai duduk di kokpit, namun tetap fokus dengan alat-alat operasional mereka.

Video itu pun kemudian dikomentari oleh adik sepupu Harvino yang mengucapkan terima kasih atas ucapan dan penghormatan Limbung.

"terima kasih capt sudah membuat video ini terkhusus untuk da vino. saya mewakili keluarga besar mas harvino mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan doa serta supportnya kepada para keluarga korban JT610 khususnya kepada kakak sepupu saya, mas Harvino yang telah berpulang ketika sedang menjalankan tugas pada tanggal 29 Oktober 2018. kami cuma bisa berharap yang terbaik agar para korban dapat segera ditemukan. untuk seluruh korban semoga ditempatkan di tempat yang terbaik disisi Allah SWT dan seluruh keluarga yang ditingalkan dapat diberikan ketabahan serta kekuatan untuk dapat melalui musibah ini. amin yarabbal alamin," ungkap adik sepupu Harvino.

Tak hanya pihak keluarga, netizen juga turut mengucapkan bela sungkawa dan mengalirkan doa terbaik untuk copilot senior itu. Bahkan, beberapa ada yang terharu dan menangis melihat video itu.

"Ya Allah nangis lihat videonya.. Mbayangin gimana perasaan istri dan keluarganya waktu ngelihat vlog ini mungkin lebih sakit lg, mereka pasti berharap cpt. Harvino masih bisa tersenyum dan kembali pulang lg .. Semoga husnul khotimah captain harvino .senyummu takkan pernah terlupakan ,kau akan selalu di kenang sebagai pahlawan bagi keluargamu," ungkap pemilik akun Lathifah Azhar.

"Baru mulai aja udah nangis liatnya.. sedih banget masih ga nyangka 1 pesawat itu meninggal semua. Semoga semua penumpang dan crew di terima di sisi Allah Swt," tulis Santi Ainuri.

"sedih ya...RIP f o Harvino," ucap akun lady gaga.

"Allah SWT pasti menempatkannya ditempat yg TERBAIK," tulis Rinaldi Helmi.