Brilio.net - Duka masih menyelimuti bagi semua keluarga korban dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Pencarian korban masih terus diupayakan oleh sejumlah tim SAR gabungan. Salah satu korban yang hingga kini belum teridentifikasi adalah sang pilot, Kapten Afwan.

Melansir dari Merdeka.com, Rabu (13/1), Kapten Afwan merupakan senior dan seorang penerbang TNI AU periode 1987-1998. Sosoknya selalu mengenakan kopiah berwarna putih. Beliau juga dikenal sebagai pribadi yang baik, taat beribadah, penuh kelembutan, dan senang berdakwah.

Karena hal itu, sebuah video singkat yang sedang memperlihatkan Kapten Afwan berceramah ramai diperbincangkan di media sosial. Video itu diunggah oleh kerabat dekatnya, yaitu Arie Untung di Instagram miliknya pada beberapa waktu lalu.

video ceramah kapten afwan © Instagram

Kapten Afwan mengenakan baju sederhana dengan peci putih khas miliknya, dia duduk di tengah jamaah yang kala itu sedang mendengarkan ceramahnya. Ia berbagai tentang ajaran agama Islam, perintah, dan larangan Tuhan.

Loading...

"Orang-orang muttaqin ini adalah mereka yang menjalankan perintah Allah atau kita meninggalkan segala larangannya, ya," ucapnya melansir dari postingan Instagram Arie Untung, Rabu (13/1).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Arie Untung (@ariekuntung)

Menurut penuturan Arie Untung pada kolom caption, ini merupakan ceramah Kapten Afwan tepat setahun yang lalu.

"Ini ceramah beliau tepat setaun lalu, mkn beliau sendiri ngga menyangka tahun lalu menjadi tahun terakhirnya, dan video ini jadi saksi terakhirnya Muhasabah diri," tulis Arie Untung.

Video berdurasi singkat ini langsung menarik simpati dari warganet. Mereka terharu dengan apa yang beliau sampaikan dalam forum tersebut. Tak lupa doa terus mengalir bagi beliau juga keluarga agar bisa menemui titik terang.

"MasyaAllah,, Husnul Khatimah Capt. Surga menunggumu ," tulis @ikhyaulum_.

"Ma syaa allah semoga menjadi panutan buat para pilot2..dan almarhum dan seluruh korban penumpang pesawat SJ-182 husnul khotimah aamiin," sambung akun @maharani85.

"Semasa hidup bnr2 mjd org yg bermanfaat utk org lain.. Allahu yarham capt.. Gk pernah sesedih ini dgr musibah pesawat jatuh ," ujar @adilarifgiya.

"Salah satu Capten yang sangat humble,banyak juga pilot yang seperti beliau.dari setiap maskapai.saya merasakan kehangatan pilot2 yang memang baik dalam agamanya ketika bertemu diapron.salam ,tegur dan sapa pasti dilakukan.," kenang pemilik akun @bariedsatria.