Brilio.net - 4ICU University Rankings baru saja merilis daftar universitas terbaik. Dalam daftar tersebut menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat ketiga sebagai universitas terbaik di Asia Tenggara.

Peringkat UGM berada di bawah dua perguruan tinggi terkemuka di Singapura, yakni National University of Singapore (NUS) yang menduduki puncak ranking, dan Nanyang Technological University (NTU) yang berada pada peringkat kedua.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) Widyawan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta menyebutkan, peringkat yang diperoleh menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM, juga jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id.

Hal ini digunakan untuk membantu mahasiswa dan dosen memahami sejauh mana tingkat kepercayaan dan popularitas sebuah universitas di mata negara asing.

UGM peringkat ketiga  Instagram

Loading...

foto: Instagram/@ugm.yogyakarta

"Daily pageview ke seluruh domain ugm.ac.id mencapai angka 1,1 juta setiap harinya. Sedangkan daily visitor-nya 420 ribu per hari," kata Widyawan di Yogyakarta seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (10/2).

Popularitas website UGM, dikatakan Widyawan, tidak semata-mata karena dikembangkan dengan tampilan menarik dan navigasi yang memudahkan pengunjung. Pencapaian tersebut juga didukung dengan konten dan informasi yang ditampilkan secara berkualitas dan relevan serta bermanfaat.

"Selain itu, ditambah dengan dukungan infrastruktur yang memadai sehingga respons di website UGM bisa berjalan cepat. Hal ini dilakukan dengan terus meningkatkan kapasitas bandwith dari waktu ke waktu," tambah dia.

Ia menambahkan, pada 2019 kapasitas bandwith terus ditambah hingga saat ini menjadi 8 gigabyte. Widyawan mengatakan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang baik dan bandwith besar semakin mempermudah masyarakat umum untuk mengakses berbagai konten digital di UGM.

"Ke depan kita akan terus memperbanyak infrastruktur TI, bandwith, serta memperbaiki pusat data (data center) supaya akses masyarakat ke website UGM semakin mudah," kata dia.