Brilio.net - Menteri BUMN Erick Thohir baru saja memberikan sentilan terkait toilet berbayar di SPBU. Melalui unggahan di akun Instagram, ia membagikan sebuah momen saat ia berada di salah satu SPBU yang berada di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, Erick melihat tarif yang dipasang untuk layanan toilet. Kondisi itu dinilai Erick tidak tepat, mengingat toilet tersebut merupakan fasilitas umum yang disediakan untuk pengunjung.

Usai mendapati situasi tersebut, Erick mengimbau kepada Direksi Pertamina untuk membenahi masalah tersebut. Ia berharap agar toilet umum yang ada di setiap SPBU dapat digunakan masyarakat secara gratis. Tak lama berselang dari pernyataan itu, pihak Pertamina pun memberikan respons. Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting meminta kepada seluruh pemilik Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) untuk menggratiskan layanan toilet.

Toilet SPBU Pertamina kini gratis © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

"Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet SPBU secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," ungkapnya, dilansir brilio.net dari Merdeka.com.

Tak hanya gratis, ia juga menekankan bahwa ketersediaan toilet juga harus diperhatikan dari segi kebersihannya. Karena toilet merupakan salah satu layanan di SPBU. Arahan itu juga sebagai bentuk tindak lanjut dari imbauan yang diberikan Menteri BUMN.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Ketersediaan toilet (harus) secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," lanjutnya.

Toilet SPBU Pertamina kini gratis © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

Sebelumnya, Erick Thohir meminta Direksi Pertamina untuk memperbaiki kebijakan layanan toilet di SPBU. Ia juga meminta pom bensin swasta yang berada di bawah Pertamina agar menggratiskan toilet. Arahan Erick tersebut lantas mendapatkan banyak dukungan dari warganet. Tak sedikit juga yang menyampaikan keluhan terkait layanan toilet SPBU.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Udah gitu ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya mendapat fasilitas tambahan," kata Erick Thohir dalam akun Instagram.