Brilio.net - Melonjaknya kasus Covid-19 belakangan ini selain berdampak pada meningkatnya keterisian tempat tidur di rumah sakit rumah sakit rujukan pasien terpapar Covid-19, juga mengakibatkan kelangkaan ketersediaan oksigen. Padahal, populasi tabung oksigen di Indonesia saat ini mencapai 1,5 hingga 1,8 juta tabung.

Tapi karena kebutuhan yang begitu tinggi dalam sepekan terakhir, mengakibatkan tabung oksigen mulai langka. Hal ini disebabkan lambannya perputaran tabung oksigen yang tersedia. Karena itu pasien Covid-19 di rumah sakit, puskesmas, dan isolasi mandiri harus berupaya keras mendapatkan pasokan oksigen agar nyawa mereka bisa selamat.

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan. Pemerintah pun terus berupaya keras menyediakan ketersediaan tabung oksigen. Tapi tentu saja, kita tidak bisa hanya berharap kepada pemerintah, peran serta semua stakeholders juga sangat penting untuk mengatasi situasi saat ini.

Bantuan oksigen Pertamina © 2021 brilio.net Dok.Pertamina

Situasi ini pun direspons Pertamina Group dengan bergerak dan bersinergi menyalurkan kebutuhan oksigen pasien COVID-19 sebagai langkah cepat membantu pemerintah dalam penanganan pandemi. Sedikitnya, Pertamina mengoperasikan 27 truk isotank berkapasitas 20 ton yang disalurkan ke berbagai rumah sakit, khususnya di wilayah Jawa yang membutuhkan dalam waktu cepat.  

Dari 27 truk tersebut, 21 unit berasal dari Morowali, Sulawesi Tengah yang tiba 6 Juli lalu. Sementara 6 unit lainnya berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur, tiba 9 Juli 2021. Data per 6 Juli 2021, sedikitnya 46,4 ton oksigen medis sudah disalurkan ke beberapa rumah sakit di Jakarta, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.  

“Gerak cepat ini merupakan salah satu bukti kontribusi Pertamina dalam mendukung pemerintah dan membantu masyarakat yang sedang terpapar Covid-19 dan membutuhkan penanganan serius di RS,” Kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Terinspirasi lagu The Prayer 

Bantuan oksigen Pertamina © 2021 brilio.net BenihBaik.com

Sejalan dengan itu, gerak cepat juga dilakukan Pertamina Foundation dengan melakukan upaya nyata mendonasikan 59 tabung oksigen enam meter kubik ke rumah-rumah sakit di Jepara, Kudus, Demak, dan Puskemas di Banyumas melalui crowdfunding BenihBaik.com. Total bantuan yang diberikan senilai Rp179.936.842.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari punya cerita sendiri bagaimana Pertamina Foundation terinspirasi untuk segera bergerak memberikan bantuan oksigen bagi rumah-rumah sakit Jawa Tengah. Agus tersentuh dengan lagu The Prayer yang dinyanyikan Celine Dion dan Andrea Bocelli. 

“Tahun lalu kita sudah mulai bekerja sama dengan BenihBaik.com dan kita ulang lagi saat ini. Dalam situasi ini cinta dalam konteks kita hanyalah human being dan prayer di mana kita hanya bisa menggantungkan pada yang di atas terasa sekali dalam situasi saat ini,” kata Agus setelah memperdengarkan lagu The Prayer.

Memberikan harapan

Benih Baik Donasi Oksigen © 2021 brilio.net

CEO dan Founder BenihBaik.com Andy F Noya menceritakan kejadian di mana orang berlomba mencari tabung oksigen. Banyak yang sudah memberikan uang muka dan kemudian penjualnya menghilang. Orang yang membayar tentu berharap akan mendapatkan tabung oksigen dan tidak berusaha mencari ke tempat lain, ternyata penipuan.

“Tega sekali di tengah situasi seperti ini orang mengambil keuntungan dengan cara seperti itu. Bukan sekadar kehilangan uang tapi juga kehilangan harapan. Beberapa meninggal karena tadinya berharap pada tabung oksigen, kehilangan uang, dan kehilangan saudaranya. Tragis, harusnya ini tidak boleh terjadi. Dan itu yang akan kita lakukan, kita berbagi tabung oksigen melalui donasi yang diberikan Pertamina Foundation, semoga banyak nyawa yang bisa diselamatkan,” papar Andy saat membuka Online Ceremony Penyerahan Bantuan Tabung Oksigen Pertamina Foundation, Kamis, (9/7/2021).

Kondisi saat ini, lanjut Andy, di luar harapan, di luar dari yang kita inginkan, dan itu terjadi. Menurutnya ini sudah rencana Tuhan. Namun tentu saja kita tidak boleh patah semangat. Dan semangat itu harus tetap menyala.

Semua pihak tidak ada yang mengira jika penularan Covid-19 pada gelombang kedua ini begitu dahsyat, tragis, dan mengerikan. Karena itu Pertamina Foundation berkolaborasi dengan BenihBaik.com segera memberikan bantuan kepada sejumlah rumah sakit agar mereka tetap punya harapan.