Brilio.net - Sekitar pukul 13.00 WIB Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan konferensi pers terkait pengamanan Pilgub DKI Jakarta. pada kesempatan ini, Tito menyampaikan bahwa sejauh ini tiada kendala berarti sepanjang pemungutan suara memilih pemimpin ibu kota putaran kedua ini.

Tito mengaku telah memantau langsung proses pengamanan di beberapa area di Jakarta. Memang ada kesalahpahaman-kesalahpahaman kecil, namun itu bisa diantisipasi. Jenderal bintang empat ini kembali mengimbau masyarakat dari luar untuk tidak berbondong-bondong menuju Jakarta karena dikhawatirkan dapat membuat suasana yang tidak kondusif bagi ibukota.

Hal ini mengikuti maklumat yang telah dia kemukakan sehari sebelumnya. Tito menyatakan, Kapolda di Jawa dan Sumatera telah mengeluarkan maklumat melarang gelombang massa dari luar menuju Jakarta yang punya kepentingan politik.

"Apalagi kalau sampai berbondong-bondong ke TPS, kita akan melakukan diskresi kepolisian. Yaitu kewenangan yang melekat pada seluruh anggota kepolisian seluruh dunia untuk dapat menilai dan mengambil tindakan untuk kepentingan publik. Ini kami lakukan dalam rangka untuk menjamin ketenteraman umum," terangnya pada Selasa (18/4).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama dengan petugas keamanan untuk menjaga kedamaian dan ketenangan di Jakarta.

"Pemungutan suara sudah selesai. Mari kita kembali bersatu lagi," tutur Tito jelang penghitungan suara.

(brl/swh)