Brilio.net - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 dilakukan pada Jumat (22/3/2019) pukul 13.00 WIB melalui situs http://pengumuman.snmptn.ac.id/.

Namun, ternyata pada pagi hari situs tersebut sempat bisa diakses untuk mengetahui hasilnya. Diduga situs tersebut telah diretas.

"Kami lagi dalami siapa yang meng-hack," kata Menristekdikti M Nasir di Jakarta dikutip liputan6, Jumat (22/3).

Meskipun diretas, lanjut Nasir, tidak ada perubahan dalam sisi penerimaan perguruan tinggi. "Yang penting tidak ada perubahan data (mereka) yang diterima," ucap dia. Menurutnya ada 92.331 peserta yang lolos.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menyatakan, pengumuman SNMPTN bisa diselesaikan lebih cepat agar bisa memberi kesempatan pada siswa yang tidak lolos untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) gelombang I. "Itu sebabnya pengumuman seleksi jalur SNMPTN diajukan Jumat," ujarnya dikutip dari situs resmi LTMPT.

Loading...

Saat ini situs terseut telah kembali normal. Pengumuman baru bisa diakses sesuai jadwal pada pukul 13.00 WIB.

Pendaftaran UTBK gelombang I sendiri akan ditutup pada Minggu 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB. Sedangkan gelombang II akan dimulai pada Senin 25 Maret pukul 10.00 dan akan ditutup pada Senin 1 April 2019.