Ratusan penumpang CommuterLine terlantar Stasiun di Duri, Jakarta Barat. Penumpukan penumpang ini terjadi karena adanya gangguan listrik yang padam sejak pukul 11.48 WIB.

Disebut-sebut pemadaman dilakukan di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Hal ini disebabkan terjadinya gangguan pasokan listrik di tiga daerah tersebut.

Akibat pemadaman ini sejumlah moda transportasi yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga mengalami gangguan.

Listrik padam © 2019 brilio.net

Selain CommuterLine, perjalanan MRT pun mengalami gangguan. Malah dikabarkan ada yang terhenti di jalur bawah tanah. Penumpang pun dievakuasi.

Loading...

Pemadaman ini juga berdampak pada sistem jaringan di semua operator telekomunikasi." Gak bisa WA (WhatsApp) nih. Jaringan juga mati," ujar salah satu penumpang Commuter Line di Stasiun Duri.

Terkait hal tersebut, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menjelaskan saat ini pihaknya terus memantau kondisi jaringan Telkomsel sehubungan adanya Pemadaman pasokan listrik PLN di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

"Kami saat ini masih menginventarisir jumlah perangkat jaringan yang terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan ini dan memastikan back up power berfungsi di perangkat jaringan kami secara maksimal. Kami akan terus melakukan monitor kondisi perangkat jaringan kami dan memastikan layanan tetap berjalan normal untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi," kata pria yang biasa disapa Kang Abe ini dalam keterangan resmi yang diterima Brilio.net, Minggu (4/8).

Listrik padam © 2019 brilio.net

Hingga saat ini listrik di tiga wilayah masih padam. Pihak PLN pun meminta maaf untuk pemadaman yang terjadi akibat gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa.

Ternyata gangguan terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.-“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangan resminya.
 
Sementara untuk wilayah Jawa Barat terjadi gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah area seperti Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.-“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," tutup Made.