Brilio.net - Sejak hari Jumat, 25 Agustus 2017 tepatnya pada pukul 16.51 WIB, satelit Telkom 1 mengalami gangguan yang mengakibatkan ribuan ATM di Indonesia mendadak offline. Tak hanya itu, akibat gangguan satelit sejumlah saluran TV juga hilang.

Dilansir dari telkom.co.id, transmisi Telkom 1 hilang dari peredaran dan belum bisa terkoneksi dengan kantor pusat diakibatkan bergesarnya posisi antena.

Kondisi satelit Telkom 1 harusnya masih dapat berjalan normal. Menurut Lockheed Martin, perusahaan pembuat satelit Telkom 1, masa pakai satelit ini dapat bertahan sampai tahun 2019. Berarti masih 2 tahun lagi.

Telkom1 Hilang lho © 2017 brilio.net-foto: Twitter/@TelkomIndonesia

Untuk menyiasati hilangnya transmisi, PT Telkom Indonesia sedang dalam proses memindahkan para pelanggan satelit Telkom 1 ke satelit Telkom 2, satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

Loading...

Sebelumnya pada hari Sabtu, PT Telkom Indonesia mengumumkan bahwa proses pemindahan pelanggan ini hanya dari satelit Telkom 1 ke Telkom 3S, namun karena sampai hari Senin (28/8) proses pemindahan belum rampung, mereka menambahkan beberapa satelit tujuan lainnnya.

Telkom1 Hilang lho © 2017 brilio.net-foto: Twitter/@gink11

Satelit Telkom 1 memiliki 63 pelanggan, delapan di antaranya merupakan provider VSAT yang memiliki sekitar 12.030 site sehingga total ground segment-nya sekitar 15.000 site.

Menanggapi hal ini, masyarakat beramai-ramai menyampaikan keluhan ke akun Twitter @telkomcare.

Akun @ojandoot misalnya menulis "Seriously ? My internet down again."

Ada juga yang mencemaskan transfer gaji yang akan terganggu seperti akun @itsmeraf1 yang menulis "@HaloBCA saya td liat di berita, gangguan pd #AtmBCA krn imbas hilang nya satelit #telkom1 aduh, jd was was besok trsf #payroll terganggu."

Menanggapi hal ini, Telkom Indonesia lewat akunnya @TelkomIndonesia menulis "Sehubungan dengan kejadian ini, Manajemen TelkomGroup menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat #SatelitTelkom."