Brilio.net - Setelah tertunda tiga kali akibat kendala teknis dan cuaca, akhirnya PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil meluncurkan satelitnya sendiri yang diberi nama BRISat. Peluncuran tersebut berhasil dilakukan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Prancis pada Sabtu sore waktu Kourou atau Minggu dini hari sekitar pukul 04.39 WIB.

Kini, BRI menjadi satu-satunya dan yang pertama satelit yang dioperasikan bank di dunia. BRISat ini diharapkan dapat membantu jaringa BRI yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. "Dilandasi dengan tujuan mulia untuk memberikan layanan jasa perbankan terbaik bagi rakyat Indonesia, Alhamdulillah launching BRISat dapat berjalan sesuai rencana," kata Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam seperti dikutip brilio.net dari situs resmi BRI, Minggu (19/6).

Sejak tanggal 14 Juni lalu, tim BRIsat yang dipimpin langsung oleh Asmawi Syam sudah berada di launch site untuk memonitor secara langsung persiapan hingga hari H peluncuran. Proses peluncuran satelit komunikasi ini memakan waktu 56 menit untuk sampai di angkasa, sementara waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 10 hari bagi satelit untuk sampai ke orbit 150,5 bujur timur.

Satelit yang mampu bertahan di angkasa selama 17 tahun ini juga akan memiliki 45 transponder di mana sebagian dari transponder akan secara khusus dialokasikan bagi kepentingan negara Indonesia.

BACA JUGA: 10 Trik praktis sehari-hari yang bikin hidupmu dijamin nggak repot

Loading...

Sebagai informasi, Guiana Space Center merupakan pusat peluncuran satelit Eropa milik European Space Agency (ESA) yang telah berdiri selama 40 tahun dengan luas 700 km persegi. Guyana Prancis sendiri merupakan wilayah luar negeri milik Prancis yang lokasinya di Amerika Selatan.

Nah, berikut foto-foto BRISat dan peluncurannya yang diambil brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (19/6).

1. BRISat sebelum diluncurkan

2. Peluncuran BRISat

3. BRISat mengudara

4. Indonesia tentu bangga dengan peluncuran BRISat