Brilio.net - Bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur menyisakan banyak kesedihan bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya dirasakan masyarakat Indonesia saja, namun terdapat beberapa negara yang turut merasakan kesedihan dan memberikan dukungan moral.

Seperti halnya yang dilakukan Raja Charles III, orang nomor satu di Inggris itu menyampaikan rasa belasungkawa atas bencana gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Ditujukan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui unggahan di halaman resmi Instagram The Royal Family, pada Kamis 24 November 2022.

"Pesan belasungkawa dari Raja kepada Presiden Indonesia setelah gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat," mengutip kalimat awal dalam keterangan foto, seperti dilansir brilio.net dari Instagram @theroyalfamily, Jumat (25/11).

Raja Charles III Instagram

foto: Instagram/@theroyalfamily

Berikut ungkapan duka lengkap dari keluarga Kerajaan Inggris kepada Indonesia:

"Saya dan istri sangat sedih mendengar Gempa di Cianjur, Jawa Barat menyebabkan hilangnya nyawa secara tragis dan luka-luka. Sangat menyedihkan mengetahui banyak korban berusia muda dan hati kami berikan kepada keluarga yang kehilangan orang yang mereka cintai," tulis Raja Charles III.

"Saya hanya bisa membayangkan pasti sangat menantang bagi mereka yang membantu menangani bencana yang mengerikan tersebut. Keahlian dan komitmen mereka untuk membantu menjadi inspirasi dan saya secara khusus ingin menyampaikan rasa belasungkawa paling tulus kepada semua orang yang terdampak," sambungnya.

Raja Charles III Instagram

foto: Instagram/@theroyalfamily

Seperti yang diketahui, ini bukan kali pertama Raja Charles III menyampaikan duka cita mengenai tragedi yang terjadi di Indonesia. Sebelumnya, dia juga mengungkapkan duka cita kepada Presiden Jokowi untuk tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang sudah menewaskan ratusan suporter bola saat pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya, pada 1 Oktober 2022.

Berdasarkan laporan terakhir Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada 24 November 2022 pukul 19.44 WIB, gempa di Cianjur telah merenggut 272 korban jiwa. 165 orang di antaranya telah teridentifikasi dan 107 orang lainnya masih dalam proses pencarian.

Korban yang mengalami luka-luka kini sudah mencapai 2.046 orang dan jumlah pengungsi yang semakin bertambah mencapai 62.545 orang. Berdasarkan laporan terakhir tersebut, BNPB masih mencari 39 orang yang dilaporkan hilang.

Adapun total rumah rusak yakni sebanyak 56.311 unit, rusak berat 22.267 unit, rusak sedang 11.836 unit, dan rusak ringan 22.208 unit. Terkait kerugian materil masih terus dilakukan pendataan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Royal Family (@theroyalfamily)

(brl/ola)

(brl/ola)