Brilio.net - Putri ke-4 Sri Sultan Hamengkubuwono X dari Keraton Jogja, GKR Hayu, beberapa waktu yang lalu baru meluapkan keluh kesahnya lewat media sosial Twitter.

Dalam postingannya, wanita 34 tahun ini menceritakan saat dirinya tengah berjalan di kawasan Senayan City, Jakarta Pusat. Saat hendak menyeberang jalan, GKR Hayu mendapat bantuan dari beberapa satpam yang bertugas.

Merasa telah diberi kemudahan atas bantuan tersebut, GKR Hayu tentu saja tak sungkan menyampaikan terima kasih kepada satpam yang telah membantunya.

Namun ternyata, beberapa orang yang berada di belakangnya menyambut dengan kurang baik. GKR Hayu mendengar dengan jelas dari segerombolan orang tersebut, menyebutnya dengan kata-kata yang tak menyenangkan setelah ia mengucap terima kasih.

gkr hayu twit © 2018 brilio.net

Loading...

Dalam cuitan GKR Hayu, ia menyebutkan bahwa mengucap terima kasih adalah sebuah sopan santun. Kalimat itu pun sudah sangat familiar didengar jika seseorang mendapatkan sesuatu yang baik dari orang lain. Ia pun mempertanyakan apakah orang yang menertawakannya tersebut dibesarkan oleh serigala sehingga heran dan menertawakan ucapannya.

Tak membutuhkan waktu lama, postingan tersebut langsung ramai dengan berbagai reaksi warganet. Banyak warganet yang menilai itu sudah menjadi hal yang lumrah di Jakarta.

"Kata Terima Kasih seperti hal yang "aneh", dulu saya jg lagi makan di sebuah resto sama sepupu. Terus kembaliannya kelebihan dan bilang ke kasirnya. Mbaknya biasa aja tanpa ada ucapan terima kasih. Manners," tulis @BukanPegawaiJP.

"Hah ampyun. But we Jakartans do it all the time. Bilang terima kasih sama satpam, petugas kebersihan, Pak Ogah dll. Hmm anak mana itu yg perlu diorientasi," tulis @mrshananto.

"Yang ngatain yg kampungan x ndoro....," tulis @BoehariM.

"Bilang "terima kasih" udah jadi habit aku dari kecil. Bahkan pas waiter/waitress anter makanan ke meja atau kasi pelayanan apapun pasti aku refleks bilang terima kasih. Mereka yg heran dengan ucapan itu kayaknya ga dibiasain sejak kecil ya," cetus pemilik akun @LalaCamelia.