Brilio.net - Setelah dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (27/5), pada 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, jenazah Buya Syafii Maarif segera disemayamkan di Masjid Gede Kauman, Yogyakarta untuk disalatkan di masjid tersebut.

Dalam kesempatan ini, salat jenazah dipimpin langsung oleh Mahfud MD yang datang untuk mengiringi kepergian Buya Syafii Maarif. Dalam kesempatan tersebut, banyak warga Muhammadiyah dan banyak tokoh yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Buya Syafii Maarif meninggal © 2022 brilio.net

Buya Syafii Maarif meninggal
© 2022 brilio.net

Berdasarkan informasi dari Ketua (Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Budi Setiawan yang dilansir dari muhammadiyah.or.id, Buya Syafii akan dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

Buya Syafii Maarif meninggal © 2022 brilio.net

Buya Syafii Maarif meninggal
© 2022 brilio.net

Kabar duka ini membuat banyak orang bersedih. Presiden Joko Widodo juga mengucapkan rasa belasungkawanya atas kepergian Buya Syafii Maarif.

"Dua bulan lalu, saya sempat menjenguk Buya Syafii di Sleman, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii. Selamat jalan Sang Guru Bangsa," ucap Presiden Joko Widodo di akun resminya @jokowi.