Brilio.net - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3). Saat ini Menhub dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Budi Karya dirawat dengan nomor pasien 76.

“Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi karya Sumadi. Tugas beliau sebagai menhub menjadi sangat terdepan dan sangat aktif dalam penanganan Covid-19,” kata Pratikno.

Dijelaskan Pratikno, banyak aktivitas yang dilakukan Menhub dalam penanganan Covid-19 diantaranya evakuasi dan lain sebagainya. Sejak Covid-19 terdeteksi di Indonesia, penanganannya salah satunya melibatkan fungsi-fungsi Kementerian Perhubungan. “Keterlibatan dan kerja keras beliau luar biasa untuk penanganan dampak ini,” lanjut Pratikno.

Agar tugas-tugas yang terkait Kementerian Perhubungan tidak terganggu, Pratikno menjelaskan Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Perhubungan.  

“Yang penting sekarang kita bekerja keras agar beliau dan pasien lain semakin sehat. Menkes juga sudah melakukan langkah-langkah berikutnya terutama tracking. Pemerintah dengan sigap melakukan tracking sehingga dampaknya bisa dilokalisir,” jelas Pratikno.

Loading...

Sementara Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistyo menjelaskan pasien nomor 76 sedang dirawat RSPAD. “Atas izin keluarga, pasien nomor 76 itu salah satu pejabat di kementerian. Saat ini beliau kita rawat di RSPAD dan tim yang merawat mengatakan ada perbaikan,” kata Albertus.