Brilio.net - Jumlah pasien terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia belum menunjukan tren menurun. Sebaliknya, setiap hari jumlah korban makin bertambah. Kondisi ini mendorong sejumlah kalangan terus memberikan dukungan, baik materil maupun moril, mulai dari pemerintah, swasta, kelompok masyarakat hingga individu. 

Baru-baru ini Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menginisiasi upaya gotong royong dengan berbagai pemangku kepentingan sebagai upaya penanggulangan pandemi virus corona (COVID-19) di Indonesia lewat program donasi “MPR RI Peduli Lawan COVID-19”.

MPR bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng Telkomsel, Gojek, dan Kitabisa untuk mengadakan penggalangan dana bagi para mitra driver, mitra merchant UMKM, dan mitra lainnya di ekosistem Gojek yang terdampak. Dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk voucher pulsa untuk meringankan beban biaya sehari-hari, mengingat layanan telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok para mitra Gojek saat bekerja. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, dalam kerangka menggugah solidaritas serta semangat gotong royong kebangsaan, pihaknya menginisiasi program ini dengan donasi pulsa bagi para pengemudi online, merchant UMKM dan penyedia jasa online lainnya sebagai salah satu elemen masyarakat yang terdampak. Keberhasilan penanganan pandemi virus corona dan dampak-dampaknya memerlukan komitmen dan kerja bersama seluruh komponen bangsa.

“Karena itu, MPR RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak seluruh komponen bangsa dapat menerapkan dan meneladankan rasa solidaritas dan jiwa kegotong-royongan sesama anak bangsa untuk saling peduli dalam melewati masa-masa sulit menghadapi pandemi COVID-19 ini,” kata Bambang.  

Loading...

Telkomsel Ramadhan Corona © 2020 brilio.net

Selain itu sebagai inisiator program ini, Bambang juga akan mendonasikan gajinya selama tiga bulan ke laman galang dana Kitabisa. Inisiatif ini diharapkan dapat menginspirasi anggota MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD RI, seluruh anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, termasuk masyarakat lainnya untuk turut berkontribusi dalam program donasi ini maupun program bantuan sosial lainnya yang bertujuan untuk membantu mereka yang terdampak pandemi virus corona.

Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A Tachrir mengatakan, pihaknya memahami bahwa kebutuhan akan terus terkoneksi menjadi penting, terutama di masa ketika masyarakat perlu saling menjaga jarak untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Karena itu Telkomsel sebagai connectivity enabler berupaya menghubungkan masyarakat dengan menyediakan jaringan berkualitas dan kemudahan akses telekomunikasi, termasuk bagi mereka yang terdampak langsung seperti para pekerja informal harian.  Pelanggan Telkomsel dapat memberikan donasi melalui menu akses UMB *811#, dengan pilihan denominasi 5.000 hingga 25.000 dari deposit prabayar (pulsa) atau pembebanan tagihan pascabayar pelanggan Telkomsel.

“Telkomsel menyambut baik kolaborasi ini dalam memperkuat sikap gotong royong antar lini.  Semoga upaya kolektif ini bisa membantu pihak terdampak untuk dapat terus melangkah menghadapi tantangan di masa sulit seperti sekarang,” kata Irfan.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan pihaknya sebagai platform penggalangan dana, mendukung semua pihak yang ingin melakukan kebaikan, seperti gerakan yang diinisiasi MPR RI dan BPIP bekerjasama dengan Telkomsel dan Gojek dalam bergotong royong untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat COVID-19.

“Inisiasi ini tentu akan membantu masyarakat, khususnya para pekerja informal melewati krisis ini. Pandemi ini  bisa dilawan dengan dukungan dan kerjasama banyak pihak,” tegas pria yang biasa disapa Timmy ini.

Chief of Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho mengatakan, manajemen Gojek menyampaikan apresiasi atas inisiatif MPR RI, BPIP, serta Telkomsel atas kolaborasi penggalangan dana melalui Kitabisa. Dukungan dalam bentuk pulsa untuk mitra Gojek ini akan meringankan beban biaya harian mitra kami yang saat ini cukup terdampak akibat pandemi ini. Masyarakat juga bisa berdonasi melalui layanan GoGive yang mudah diakses pengguna di aplikasi Gojek, yang menawarkan opsi donasi mulai dari Rp1.000.  

“Dukungan ini sejalan dengan salah satu pilar program Gojek yaitu membantu meringankan biaya sehari-hari mitra. Sebagai perusahaan anak bangsa yang tumbuh bersama dengan para mitra, Gojek senantiasa berada di garda terdepan untuk membantu mitra kami melewati masa sulit ini,” ujar Shinto.

Penggalangan dana ini terbuka dari 14 April 2020. Seluruh dana akan dihimpun oleh Kitabisa, dan disalurkan dalam bentuk pulsa kepada puluhan ribu mitra di ekosistem Gojek, seperti mitra driver, mitra penyedia layanan, serta mitra merchant UMKM di dalam ekosistemnya di seluruh Indonesia.