Brilio.net - Dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, berbagi kiat aman dalam berkendara saat berada di Indonesia untuk berkampanye keselamatan "Cari Aman" di Astra Biz Center BSD, Tangerang.

Pedrosa mengatakan fokus dalam berkendara merupakan salah satu kunci untuk menjaga keselamatan, sedangkan Marquez mengingatkan agar pengendara selalu menggunakan alat-alat pelindung saat berkendara, misalnya helm.

"Tentu saja keamanan adalah hal utama. Kami adalah pebalap, kami membalap dengan maksimal untuk mencari waktu tercepat," kata Pedrosa yang dikutip dari Antara, Rabu (18/10).

Ia menyebutkan tiga hal utama yang harus dilakukan untuk menjaga keselamatan saat menunggangi sepeda motor, salah satunya adalah pengendara harus selalu fokus dengan kendaraannya juga dengan kondisi jalanan.

"Keamanan adalah yang pertama, harus sangat fokus, harus tahu kapan batasannya, dan memahami risikonya (jika memacu kendaraan secara cepat)," kata Pedrosa.

Ia menimpali, "Jadi yakinkan diri Anda untuk selalu ingat bahwa keselamatan adalah yang terpenting."

Pedrosa mengakui bahwa sebagai pebalap, ia harus memacu kendaraan secepat mungkin di atas lintasan. Namun ia juga harus menjaga keselamatan dirinya agar terhindar dari kecelakaan.

"Yang kami lakukan dalam setiap balapan adalah bukan hanya menjadi yang tercepat. Menang harus cepat, tapi juga aman," kata Pedrosa.

Sementara itu, juara dunia MotoGP tahun lalu, Marc Marquez, juga mengingatkan bahwa memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi hanya bisa dilakukan di atas lintasan sirkuit karena sudah memiliki standar keamanan.

Kendati demikian, pebalap juga harus menentukan batasan kecepatan saat ngebut di sirkuit demi keamanan dan menghindari kecelakaan.

"Tentu keamanan adalah hal yang sangat penting saat berkendara di sirkuit. Di sirkuit Anda memiliki batasan dan harus mementingkan keamanan," kata Marquez.

Untuk itu, Marquez mengingatkan pentingnya bagi para pemotor untuk selalu memakai perangkat keamanan saat berkendara, antara lain helm, jaket dan sepatu.

"Juga menggunakan alat pelindung, keamanan adalah prioritas. Kalian bisa gunakan cara 'cari aman', yang penting semuanya tetap dalam kendali," tutup Marquez.