Brilio.net - Beberapa hari lalu viral sebuah video yang memperlihatkan lubang besar di tengah aliran Sungai Kuning. Hal tersebut menjadi perhatian masyarakat lantaran biasanya air sungai mengalir secara horizontal dan menuju ke tempat yang lebih rendah.

Tampak dalam video yang beredar di media sosial, sungai yang diduga dekat bendungan itu awalnya mengalir secara normal. Namun setelah bertemu dengan sebuah lubang, lantas terlihat air jatuh ke lubang dan mengalir secara vertikal.

Lubang yang cukup besar berukuran sekitar 4 x 3 meter tersebut muncul di tengah aliran Sungai Kuning di Dusun Sambirejo, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Lubang tersebut diperkirakan terjadi akibat hujan deras yang menyebabkan aliran air yang menggerus dasar sungai sehingga membentuk lubang besar.

Loading...

Kejadian unik tersebut juga disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter pribadinya. Menurut Sutopo kejadian tersebut terjadi lantaran lubang bawah tanah di sisi bendungan menyebabkan air masuk ke lubang tersebut.

Sehari pasca kejadian itu, Sutopo kembali memberi penjelasan terkait lubang besar di sungai kuning yang terletak di Kalasan tersebut. Melalui cuitan di akun Twitternya, Sutopo menjelaskan bahwa lubang besar itu telah teratasi. Air yang masuk ke dalam tanah di saluran irigasi/sungai disebabkan adanya kebocoran di cekdam tua di Sleman, bukan karena sinkhole. Adanya lubang bocor di sisi cekdam menyebabkan aliran lewat lubang tersebut.