Brilio.net - Usai penetapan hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jokowi mengunjungi Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5). Di hadapan warga kampung Deret, Jokowi melakukan pidato kemenangan.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Jokowi memilih Kampung Deret Johar Baru sebagai lokasi deklarasi kemenangan karena ingin melihat kembali perkampungan yang dia bangun saat dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Sambil nengok dulu kampung deret yang kita bangun," kata Jokowi di Kampung Deret.

Kedatangan Jokowi disambut antusias para warga dengan menyanyikan lagu 'Jokowi siapa yang punya'. Jokowi yang mengenakan kemeja putih didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Tanpa pengamanan ketat, Jokowi berbaur dengan warga Kampung Deret.

jokowi kampung deret © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Liputan6.com

 

Jokowi pun berterimakasih kepada rakyat Indonesia karena telah menentukan hasil pilpres dan pileg dengan baik.

"Saya dan Kiai Ma'ruf Amin, mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan pemilu yang berlangsung damai dan penuh kegembiraan," kata Jokowi di Kampung Deret.

Atas kemenangannya di Pilpres 2019 ini, Jokowi dan Ma'ruf Amin pun berjanji akan menjaga kepercayaan dan amanah rakyat Indonesia.

"Setelah dilantik di bulan Oktober, kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi. "Kami akan menjadi pengayom bagi 100 persen rakyat Indonesia. Kami akan berjuang keras bagi keadilan sosial bagi 100 persen rakyat Indonesia," kata dia.

jokowi kampung deret © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Berikut pidato lengkap Jokowi saat deklarasi kemenangan di Kampung Deret Johar Baru:

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera

Om swastiastu

Namo budaya

Salam kebajikan

Kita bangsa Indonesia, patut berbangga, patut berbahagia, patut bersyukur bahwa kita telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam berbangsa dan bernegara, dewasa dalam ber-ideologi Pancasila

Kita bersyukur dan berbangga, bahwa di tengah keberagaman, kita telah dewasa dalam menjaga perdamaian. Dewasa dalam mengelola perbedaan dan dewasa dalam menjaga dan memperkokoh persatuan.Bukti nyatanya adalah, kedewasaan kita dalam berdemokrasi, kemampuan kita untuk menyelesaikan pemilu yang jujur dan adil, serta pemilu yang penuh perdamaian dan kegembiraan

Pemilu demi pemilu telah kita lalui dengan penuh kedewasaan. Pemilu yang sekarang ini, saya yakin akan bisa kita lalui secara damai dan sesuai amanat konstitusi kita

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, rekapitulasi nasional Pemilu Serentak 2019 pada dini hari tadi, rakyat Indonesia telah menentukan pilihannya dalam pileg dan pilpres. Inilah makna hakiki dari rakyat yang berdaulat

Saya dan Kyai Ma’rif Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami.

Kepercayaan dan amanah rakyat kepada kami tersebut akan kami wujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan merata, untuk seluruh golongan dan lapisan masyarakat di seluruh pelosok Indonesia.

Setelah dilantik di bulan Oktober nanti, kami adalah Presiden dan Wakil Presiden seluruh rakyat Indonesia. Kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100% rakyat Indonesia. Kami akan berjuang keras, demi terwujudnya keadilan sosial, bagi seluruh rakyat, bagi 100% rakyat Indonesia

Marilah kita bersatu padu membangun bangsa dan Tanah Air tercinta demi kedamaian & kesejahteraan generasi kita, serta generasi anak cucu kita di masa depan.

Terakhir, saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas kinerja Penyelenggara dan Pengawas Pemilu. Kepada tokoh masyarakat dan juga peserta pemilu, kepada aparat keamanan, serta semua pihak termasuk para saksi yang telah siang malam bekerja dengan tulus demi Pemilu yang jujur dan adil.

Terima kasih,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.