Brilio.net - Sosok KH Hasyim Muzadi merupakan sosok yang sudah tidak asing bagi warna NU dan masyarakat Indonesia. Kesalehan dan mimpinya menjadikan Islam sebagai rahmatan lilalamin menjadi kenangan yang yang mendalam bagi tokoh bangsa . Namun siapa sangka, di balik mimpi besarnya itu ada satu keinginan yang belum terwujud sampai akhirnya KH Hasyim Muzadi meninggal dunia.

Menurut salah satu kerabat dekat KH Hasyim Muzadi, Ahmad Sodiq mengungkapkan mimpi dari sang kyai yang belum tercapai, yakni beliau ingin membangun Pondok Pesantren Al Hikam di Bogor.

"Itu terakhir saya bersama beliau. Pada saat itu kami mengecek lokasi yang akan dibangun pondok. Tepatnya di Desa Iwel Bogor, Jawa Barat," ungkap Sodiq saat ditemui di Pondok Pesantren Al Hikam, Kamis (16/3).

Niat tersebut sempat diungkapkan oleh almarhum Desember 2016 lalu. KH Hasyim Muzadi mengatakan bahwa lokasi ini akan dibangun Pondok Pesantren Al Hikam yang kedua.

"Alhamdulillah pada saat itu proses nego tanah pun selesai kami laksanakan. Dan tanah tersebut resmi jadi milik Al Hikam. Beliau juga bilang ini kita akan cari uang untuk segera bangun pondok," tambahnya.

Namun sayangnya, sebelum impiannya tercapai, ia pun sudah terlebih dahulu dipanggil Sang Khalik.

"Hingga beliau meninggal semangat itu masih ada. Beliau ingin mengembangkan pondok dan menjadikan para hafiz penghafal Alquran bisa bersaing dengan profesi yang lainnya," terang Sodiq.